Proyek Kilang, Pertamina Gandeng Perusahaan Amerika Serikat

Safrezi Fitra
29 Oktober 2015, 15:36
Pertamina
Donang Wahyu|KATADATA
Kantor pusat Pertamina Jakarta.

KATADATA - PT Pertamina (Persero) akan menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat, Bechtel Corporation untuk mempercepat beberapa proyek hilir. Kerjasama ini dilakukan melalui penandatangan Master Service Agreement (MSA) antara Pertamina dan Bechtel untuk proyek engineering kilang. 

Bechtel akan menyediakan jasa dengan lingkup pekerjaan, seperti Bankable Feasibility study (BFS), Basic Engineering Design (BED) dan Front End Engineering Design (FEED). Hasil studi ini dapat digunakan untuk proyek-proyek pengembangan kilang baru dan peningkatan kapasitas kilang yang sudah ada. 

Advertisement

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan kerja sama ini merupakan wujud keseriusannya membangun pusat penelitian dan teknologi, yakni Pertamina Research and Technology Center. "Secara bersama kami akan mengerjakan engineering untuk membangun kilang," kata dia kepada Katadata, Kamis (29/10). 

(Baca: Pertamina Ingin Kuasai 60 Persen Saham Rekind)

Dwi tidak mau menyebut nilai investasi dalam kerjasama tersebut. Dia hanya mengatakan nilai untuk kerjasama ini akan disesuaikan dengan kebutuhan. Namun mengacu pada data yang dipublikasikan Sekretaris Kabinet, nilai kerjasama tersebut mencapai US$ 800 juta atau sekitar Rp 10 triliun. 

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement