Fokus ke Proyek IDD, Chevron akan Lepas Blok B di Laut Natuna

Yura Syahrul
30 Oktober 2015, 11:02
Chevron
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA - PT Chevron Pacific Indonesia akan melepas saham partisipasinya (participating interest / PI) di Blok B PSC, Laut Natuna Selatan. Saat ini, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Amerika Serikat tersebut mengempit 25 persen saham. Sebelumnya, ConocoPhillips sebagai operator Blok B PSC juga tengah menjajaki untuk menjual kepemilikan sahamnya.

Direktur Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengakui sudah mendengar informasi tersebut. Ia menjelaskan, alasan Chevron melepas sahamnya di Blok B PSC karena ingin fokus menggarap proyek laut dalam atau Indonesian Deep water Development (IDD) di Selat Makassar. "Chevron bilang mau fokus di IDD," katanya kepada Katadata, Kamis (29/10).

Namun, hingga berita ini ditulis, Katadata belum memperoleh konfirmasi dari manajemen Chevron. Yanto Sianipar, Vice President Policy Government and Public Affairs Chevron, tidak menanggapi pesan singkat yang dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp.

(Baca: Chevron Komitmen Lanjutkan Investasi di Indonesia)

Sekadar informasi, pengembangan proyek IDD memang tertunda sejak Oktober tahun lalu. Penyebabnya adalah perubahan nilai investasi pengembangan proyek itu.  Rencana pengembangan atau Plan of Development (PoD) IDD sebenarnya sudah disetujui oleh pemerintah pada tahun 2008. Namun, setelah tahap Front-End Engineering Design (FEED) pada tahun 2013, biaya proyek ini meningkat dari sekitar US$ 7 miliar menjadi US$ 12 miliar.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...