Dapen Pertamina Masuk, Sugih Energy Memacu Produksi Blok Lemang

Yura Syahrul
2 November 2015, 18:08
No image
Kantor pusat PT Pertamina, Jakarta.

KATADATA - Dana Pensiun (Dapen) PT Pertamina akhirnya secara resmi membeli 8,1 persen saham PT Sugih Energy Tbk. Pasca menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan minyak dan gas bumi (migas) tersebut, Dapen Pertamina akan memacu produksi khususnya produksi di Blok Lemang.

Sebagai langkah awal, bekas Pelaksana Tugas (Plt) Pertamina Muhammad Husein dicalonkan menjadi Direktur Utama Sugih Energy dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) bulan Desember nanti. Menurut Presiden Komisaris Sugih Energy Eros Djarot, Dapen Pertamina dapat mengusulkan direktur utama karena sudah menjadi pemegang saham mayoritas Sugih Energy. Adapun Husein dianggap sosok yang tepat menempati posisi tersebut karena punya pengalaman panjang.

Advertisement

Husein mengawali karier di dunia perminyakan pada 1984 di LEMIGAS dengan posisi geologis di Divisi Eksplorasi hingga menjadi Kepala Divisi Eksplorasi LEMIGAS. Ia juga sempat menjabat Komisaris PT Pertamina EP dan Direktur Hulu Pertamina tahun 2011. Terakhir, dia sebagai Plt Direktur Utama Pertamina. Bahkan, Husein sempat disebut-sebut sebagai calon kuat Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM.

"Diharapkan dengan kepemimpinan beliau di Sugih dapat memberi manfaat bagi dunia energi," kata Eros dalam konferensi pers Sugih Energy di Jakarta, Senin (2/11).

Husein berminat menakhodai Sugih Energy karena menilai aset yang dimiliki perusahaan ini sangat bagus. Antara lain Blok Kalyani, Blok Selat Panjang dan Blok Lemang. Ia pun menjanjikan, dalam sebulan ke depan akan membuat rincian kegiatan usaha Sugih Energy tahun 2016. Enam bulan berikutnya akan menyusun rencana jangka menengah untuk lima tahun ke depan.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement