Di Bawah Perkiraan, Ekonomi Kuartal III Cuma Tumbuh 4,73 Persen

Yura Syahrul
5 November 2015, 13:22
Gedung-Gedung pusat perkantoran dan bisnis di Jakarta
Arief Kamaludin|KATADATA
Gedung perkantoran dan kawasan bisnis di Jakarta.

KATADATA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekonomi Indonesia pada kuartal III-2015 secara tahunan (year on year) tumbuh 4,73 persen. Angkanya meningkat dibandingkan dua kuartal sebelumnya pada tahun ini, yang tumbuh masing-masing 4,72 persen dan 4,67 persen.

“Ini lebih bagus dibandingkan kuartal I dan kuartal II tahun ini,” kata Deputi Neraca dan Analisis Statistik BPS Kecuk Suharyanto dalam konferensi pers BPS di Jakarta, Kamis (5/11). Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi hingga kuartal III tahun ini sebesar 4,71 persen. Namun, pencapaian tersebut lebih rendah dari taksiran yang dibuat sebelumnya oleh Bank Indonesia dan Bank Dunia.

(Baca: Ekonomi Kuartal III Tumbuh 4,85 Persen, BI: Bunga Turun kalau Didukung Data)

Dua pekan lalu, Gubernur BI Agus Martowardojo memperkirakan, pertumbuhan ekonomi kuartal III-2015 sebesar 4,85 persen. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun ini berkisar 4,7 persen hingga 5,1 persen. Perkiraan itu mengacu kepada penyerapan belanja pemerintah yang lebih besar untuk proyek-proyek pembangunan infrastruktur pada paruh kedua 2015.

pertumbuhan ekonomi 2010-2015
pertumbuhan ekonomi 2010-2015 (Katadata)

Sedangkan Bank Dunia optimistis kuartal ketiga tahun ini menjadi awal tumbuhnya ekonomi Indonesia. Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop, menaksir ekonomi Indonesia kuartal III-2015 mencapai 4,8 persen berkat dukungan peningkatan belanja pemerintah untuk membangun infrastruktur dasar. Alhasil, pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun ini sebesar 4,7 persen.

(Baca: Bank Dunia: Kuartal Ketiga Awal Pertumbuhan)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...