Hingga Oktober, Pembayaran Subsidi Biodiesel Baru 8 Persen

Safrezi Fitra
9 November 2015, 20:21
BBM solar AK
Arief Kamaludin|KATADATA
Petugas pengisian bahan bakar melayani pembeli di sebuah SPBU di Jakarta.

KATADATA - Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit menyatakan baru membayarkan 8 persen subsidi dari total biodiesel yang disalurkan hingga akhir bulan lalu. Masih ada sekitar 92 persen lagi yang belum dibayarkan, karena proses verifikasinya belum selesai.

Total penyaluran biodiesel hingga akhir Oktober lalu mencapai 158.411 kiloliter. Namun, yang baru dibayarkan BPDP hanya 12.532 kiloliter, senilai Rp 27,9 miliar. Subsidi biodiesel yang baru dibayarkan ini hanya dari empat transaksi penjualan dari produsen biodiesel kepada PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Corporindo Tbk. 

(Baca: Subsidi Biodiesel Ditetapkan Sebesar Rp 2.600 per Liter)

Direktur Utama BPDP Kelapa Sawit Bayu Krisnamurthi mengatakan masih ada sekitar 145.879 kiloliter yang belum terverifikasi. Makanya, BPDP belum bisa membayarkannya. Dia menargetkan sisa subsidi biodiesel tersebut akan dibayarkan akhir bulan ini.

"Dalam proses verifikasi  administrasi masih ada 70,719 kiloliter, dalam tahap persiapan verifikasi ada 75,160 kiloliter (di kementerian ESDM) akan segera dibayarkan," kata Bayu dalam konferensi pers di Graha Mandiri, Jakarta, Senin (9/11).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...