Soal Surat Setya Novanto, Dirut Pertamina: Itu Cuma Urusan Bisnis

Muchamad Nafi
18 November 2015, 18:39
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto
Arief Kamaludin|KATADATA
Direktur Utama Pertamina, Dwi Sucipto

KATADATA - Setelah terseret geger pencatutan nama presiden yang disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Setya Novanto menuai kontroversi kembali. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat ini diduga mengintervensi Direktur PT Pertamina untuk membereskan sejumlah urusan bisnis di perusahaan pelat merah tersebut.

Tertanggal 17 Oktober 2015, Setya Novanto mengirimkan surat berkop DPR tersebut kepada Dwi Soetjipto. Direktur Utama Pertamina ini diminta menyelesaikan masalah pembayaran kontrak dengan PT Orbit Terminal Merak. “Saya terima surat itu, tapi kami di Pertamina menyikapi secara profesional,” kata Dwi kepada Katadata, Rabu, 17 November 2015. (Baca: Surat-surat Rahasia Bertebaran dalam Kisruh Freeport).

Advertisement

Secara detail, Setya Novanto memang menyuguhkan sejumlah lampiran terkait perjanjian bisnis kedua perusahaan tersebut. Misalnya, dia mengingatkan Pertamina akan notulen rapat negosiasi awal dengan PT Orbit Terminal Merak pada 1 Juli 2015. Lalu, risalah penyesuaian kapasitas tangki timbun Orbit Tanking Merak yang dilakukan sepekan kemudian.

Beberapa lampiran lainnya yakni mengenai penyesuaian kapasitas tangki timbun PT Orbit Terminal Merak yang dilakukan pada 27 Juli 2015, review kerja sama pemanfaatan terminal BBM Merak pada 3 Agustus 2015, dan tanggapan review kerja sama pemanfaatan terminal BBM Merak yang dikeluarkan pada 8 Agustus 2015. Selain itu diccantumkan pula mengenai penurunan thruput fee kerja sama pemanfaatan terminal BBM Merak serta tanggapanya yang diteken pada 14 dan 24 Agustus 2015.

“Sesuai dengan pembicaraan terdahulu dan informasi dari Bapak Hanung Budya Direktur Pemasaran dan Niaga, sekiranya kami dapat dibantu mengenai addendum perjanjian jasa penerimaan, penyimpanan dan penyerahan Bahan Bakar Minyak di terminal baha bakar minyak antara PT Pertamina dengan PT Orbit Terminal Merak yang sudah diterima bapak beberapa minggu lalu dan lampiran sebagai berikut,” demikian Setya Novanto mengawali katebelece tersebut.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement