Rizal Ramli: ISC dan Petral Orangnya Masih Sama

Safrezi Fitra
19 November 2015, 14:28
No image
Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli

KATADATA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli tidak yakin pengadaan minyak di Integrated Supply Chain (ISC) lebih baik dari Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Alasannya orang-orang yang berada di ISC tidak berbeda dengan yang ada di Petral.

"Saya tidak begitu yakin ada perubahan. Orang-orangnya masih sama saja," kata dia di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (19/11). Namun, dia tidak menyebutkan siapa saja orang-orang yang dimaksud ada di Petral dan ISC.

Dia menganggap apa yang telah dilakukan Petral selama ini adalah merugikan negara. Anggapan ini berdasarkan analisanya beberapa tahun lalu yang mengatakan ada mafia migas yang bermain di Petral. "Pasti merugikan negara. Tidak pakai audit saja (sudah terlihat) merugikan negara," ujarnya.

Rizal juga sempat mengusulkan hasil audit forensik yang dilakukan auditor asal Australia Kordamentha untuk dibawa ke proses hukum. Agar jelas siapa yang harus bertanggung jawab terhadap anggapan bahwa kegiatan yang dilakukan Petral merugikan negara. (Baca: Audit Petral Tak Temukan Bukti Korupsi dan Keterlibatan Mafia Migas)

Berbeda dengan anggapan Rizal, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menyatakan  beralihnya tugas dan fungsi Petral ke ISC menghasilkan efisiensi yang cukup besar. Hingga kuartal III tahun ini tercatat ada efisiensi sebesar US$ 103 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun dari pengadaan minyak dan bahan bakar minyak (BBM).

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...