Trio Pelindo Bangun dan Kelola Lima Pelabuhan

Muchamad Nafi
4 Desember 2015, 12:00
pelabuhan.jpg
KATADATA/ Donang Wahyu

KATADATA - PT Pelindo II akan menggandeng dua Pelindo lainnya yakni PT Pelindo I dan juga PT Pelindo IV untuk membangun dan mengoperasikan lima pelabuhan di Indonesia. Ketiga Pelindo tersebut akan membentuk anak usaha guna mengoperasikan pelabuhan-pelabuhan tersebut yang menjadi titik hubung rute tol laut.

Direktur Utama Pelindo II Richard Joost Lino mengatakan kelima pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara yang dikelola bersama Pelindo I, serta Makassar, Bitung, Ambon, dan Sorong bersama dengan Pelindo IV. (Baca pula: Pemerintah Akan Dapat 2,5 Persen dari Keuntungan Pelabuhan).

“Sistemnya kita buat joint venture. Kami (Pelindo II) yang jadi mayoritas,” kata Lino ketika ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis malam, 3 Desember 2015.

Dengan demikian, Pelindo II menjadi pemegang saham mayoritas di lima pelabuhan tersebut dengan rasio 60 : 40. Langkah ini dilakukan karena kedua Pelindo lainnya cukup sulit dalam memenuhi pendanaan, sedangkan pembangunan pelabuhan tidak dapat ditunda lagi.

Namun Lino menjelaskan bahwa joint venture ini bukan bagian dari wacana holding Badan Usaha Milik Negara di bidang kepelabuhan. “Untuk holding belum, tapi ini langkah pragmatis saja untuk kami bisa membangun pelabuhan,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...