Harga CPO Tinggi, Biosolar Nonsubsidi Bakal Naik

Muchamad Nafi
17 Desember 2015, 18:49
solar
Arief Kamaludin | Katadata

KATADATA - Bagi petani dan pengusaha, kenaikan harga minyak sawit mentah (CPO) tentu menjadi kabar baik. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) memprediksi harga rata-rata CPO dunia akhir tahun ini bergerak di level US$ 550 – US$ 600 per ton.

Menurut GAPKI, kenaikan ini dipicu oleh masuknya musim penghujan di beberapa daerah sentra sawit. Apalagi ada sentimen positif dari PT Pertamina yang menyerap CPO di dalam negeri untuk membuat biodiesel melalui mandatori B15 tahun ini. (Baca: Pertamina Akan Turunkan Harga BBM Pekan Depan).

Di sisi lain, harga CPO yang meningkat akan memiliki konsekuensi tersendiri di tengah tren harga minyak mentah dunia yang melemah hingga di bawah US$ 40 per barel. Lebih-lebih jika pemerintah menggalakkan B20 -di mana komposisi minyak nabati dalam biodiesel mengisi 20 persen- pada tahun depan. Sebab, kenaikan harga CPO dan melemahnya minyak mentah akan menimbulkan kesenjangan harga dua komoditas tersebut. Akibatnya, harga keekonomian CPO bisa tak tercapai.

Direktur Pemasaran PT Pertamina Persero Ahmad Bambang menyatakan situasi tersebut memang akan memperlebar harga solar murni dengan biosolar. Akibatnya, mau tak mau harga bahan bakar akan naik. “Untuk BBM PSO (subsidi) dan PLN tidak ada pengaruhnya. Tapi untuk BBM non-PSO tentu saja perlu menaikkan harga,” kata Ahmad saat dihubungi Katadata, Kamis, 17 Desember 2015.

Namun Bambang belum bisa memprediksi berapa harga biodiesel tahun depan jika harga CPO terus meningkat dan harga minyak mentah turun. Sebab belum dihitung harga keekonomiannya untuk tahun depan. Hanya, dia memprediksi perbedaan harganya antara Rp 400-500 per liter dibandingkan BBM subsidi. (Baca juga: Pemerintah Dinilai Tidak Disiplin Dalam Evaluasi Harga BBM).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...