"Jim Bob", Bos Besar Freeport Mundur

Yura Syahrul
29 Desember 2015, 10:08
tambang freeport
www.npr.org
Tambang Freeport di Papua, Indonesia.

KATADATA - Belum reda heboh kasus kongkalikong perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia yang berujung mundurnya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto, muncul kabar baru dari perusahaan tambang multinasional asal Amerika Serikat (AS) tersebut. James Moffett, Chairman Freeport-McMoran Inc., induk usaha Freeport Indonesia, juga mengundurkan diri. Ia turut mundur dari jajaran Dewan Direksi Freeport.

Keputusan itu diambil setelah melalui pertimbangan matang, bahwa perubahan posisi chairman akan bermanfaat baik bagi perusahaan dan pemegang saham. "Moffett dan dewan direksi mencapai kesepakatan bersama bahwa dia mengundurkan diri," kata Jurubicara Freeport dalam surat elektroniknya, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/12). Kemarin, harga saham berkode FCX di bursa saham New York ini langsung anjlok sekitar 9 persen menjadi US$ 6,86 per saham pasca pengumuman Freeport tersebut.

(Baca: Transkrip Rekaman Lengkap Kongkalikong Lobi Freeport)

Keputusan pengunduran diri itu diduga terkait dengan tekanan dari pemegang saham baru Freeport, yaitu Carl Icahn. Konglomerat AS yang memiliki banyak saham di beragam bisnis tersebut telah mengempit 8,8 persen saham Freeport sejak 22 September lalu. Icahn pun kerap mengkritik kebijakan Freeport dari sisi pengeluaran, mulai dari struktur permodalam hingga gaji para eksekutifnya di tengah tren anjloknya harga komoditas.

Pada Oktober lalu, Icahn dan Freeport mencapai kesepakatan untuk membatasi jumlah anggota dewan direksi. Freeport akan mengurangi jumlah direksi dari 16 orang menjadi 9 orang dan memisahkan lini bisnis minyak dan gas bumi dari bisnis inti yaitu pertambangan.

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...