Kementerian ESDM Targetkan Penyerapan Anggaran 90 Persen Tahun Depan

Safrezi Fitra
30 Desember 2015, 18:33
kementerian esdm
KATADATA
kementerian esdm

KATADATA - Penyerapan anggaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sepanjang tahun ini masih rendah. Hanya 62,8 persen dari alokasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar Rp 15,1 triliun.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan meski rendah, penyerapan anggaran tahun ini masih lebih baik dibandingkan tahun lalu yang hanya 50 persen. Dalam lima tahun terakhir serapan anggaran Kementerian ESDM tidak pernah mencapai 70 persen. Ke depan dia akan mengupayakan penyerapan anggaran kementeriannya bisa lebih tinggi.

Sudirman menargetkan penyerapan anggaran tahun depan bisa mencapai 90 persen. Dalam APBN 2016, Kementerian ESDM mendapat anggaran hampir setengah dari tahun ini, yakni hanya Rp 8,5 triliun. Mayoritas digunakan untuk belanja barang senilai Rp 4,3 triliun dan belanja modal Rp 2,5 triliun. (Baca: Kementerian ESDM Percepat Lelang Proyek 2016

Menurut dia, iklim penyerapan anggaran sudah mulai berubah. Biasanya proses persiapan lelang dari anggaran kementerian baru bisa dilakukan pada kuartal II di tahun anggaran tersebut. Saat ini prosesnya bisa dipercepat hingga tujuh bulan sebelumnya. Proses lelang bisa dilakukan pada dua bulan sebelum memasuki tahun anggaran.

Serapan Anggaran Kementerian ESDM
Serapan Anggaran Kementerian ESDM (Kementerian ESDM)

Kementerian ESDM telah melakukan proses lelang proyek untuk tahun depan, sejak bulan lalu. "Desember ini seluruh  belanja barang dan modal sudah ditenderkan," kata Sudirman usai memberikan DIPA tahun 2016 kepada Eselon I Kementerian ESDM di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Selasa (29/12). 

Paket lelang tersebut terdiri dari tiga tahap. Tahap I dan tahap II sebanyak 417 paket senilai Rp 1,6 triliun sudah dilakukan awal Desember 2015. "Sekarang sedang lelang tahap 3, sudah dilakukan 28 desember kemarin sebanyak 86 paket dengan nilai Rp 2,6 triliun, " kata Kepala Unit Percepatan dan pengendalian Pembangunan Insfratruktur (UP3I) kementerian ESDM Taqwallah kepada Katadata, Rabu (30/12).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...