Cegah Banjir Lumpur Terulang, Pengeboran Sumur Lapindo Dibatasi

Arnold Sirait
8 Januari 2016, 17:59
Pekerja Migas
KATADATA
Pekerja pengeboran minyak lepas pantai di perairan Indonesia

KATADATA - Lapindo Brantas Inc berencana akan kembali melakukan pengeboran di Blok Brantas, Jawa Timur pada Maret 2016. Sumur gas baru yang akan dibor terletak di Desa Kedung Banteng, yang jaraknya hanya 2,5 kilometer dari sumur Banjar Panji yang terkena semburan lumpur.

Kepala Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro mengatakan masalah pemboran yang akan dilakukan Lapindo sudah teruji secara teknis dan dinyatakan aman. SKK Migas pun telah menyetujui Lapindo untuk melakukan pemboran di lapangan tersebut.

Advertisement

Meski sudah menyatakan pengeborannya akan aman dilakukan, SKK Migas tetap mewaspadai kejadian yang sama pada 2006 terulang. Makanya dalam pengeboran ini, SKK Migas akan membatasi kedalaman sumur gas yang akan dibor agar banjir lumpur yang terjadi di sumur Banjar Panji dan sumur lainnya tidak terulang lagi.

Untuk mengantisipasi munculnya semburan lumpur, SKK Migas hanya mengizinkan Lapindo mengebor maksimal sedalam 1.000 meter. Lapindo tidak boleh mengebor lebih dalam karena akan berpotensi terjadi semburan lumpur. Pengalaman di sumur Banjar Panji, lumpur menyembur saat sumur tersebut dibor dengan kedalaman 3.000 meter.

“Zona lumpur yang menguap itu berasal dari kedalaman 1.500 sampai 2.500 meter. Kami tidak akan menyentuh zona lumpur itu, jadi aman,” kata Elan kepada Katadata, Jumat (8/1). (Baca: Dua Bukti Kelalaian Bakrie di Lapindo)

Pengeboran kali ini merupakan pengeboran pertama sejak 10 tahun terakhir. Lapindo sudah tidak melakukan pengeboran sejak adanya semburan lumpur panas pada 2006. Pengeboran ini juga  merupakan kegiatan pengembangan di Lapangan Wunut. Nantinya, akan ada beberapa sumur gas yang akan dibor. Alasannya jika hanya satu sumur yang dibor tidak akan mencapai keekonomian.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement