Pemerintah Bangun Infrastruktur Elpiji di Papua

Arnold Sirait
12 Januari 2016, 16:27
LPG Elpiji Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA - Pemerintah menyatakan akan membangun tiga depo elpiji baru di kawasan timur Indonesia. Lelang proyek infrastruktur gas elpiji bersubsidi tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat, sehingga pembangunannya bisa terealisasi tahun ini.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan pembangunan depo pengisian gas elpiji ini merupakan upaya pemerintah memperluas jaringan distribusi. Sehingga kawasan timur Indonesia juga bisa menikmati elpiji bersubsidi.

Advertisement

Ketiga depo tersebut akan dibangun di daerah Maluku tepatnya Wayame, Jayapura Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT). “Agar konversi minyak tanah ke elpiji terus diperluas ke timur,” kata dia di Kantornya, Senin (11/1) malam. (Baca: Pembangunan Infrastruktur Gas Butuh Investasi Rp 270 Triliun)

Selama ini alokasi gas elpiji tiga kilogram (kg) lebih banyak untuk kawasan Sumatera dan Jawa. Sebaran elpiji bersubsidi belum bisa menjangkau seluruh provinsi di Indonesia. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 pemerintah mengalokasikan elpiji bersubsidi sekitar 5,7 juta metrik ton 29 provinsi.

Sementara lima provinsi yakni Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua dan Papua Barat tidak mendapatkan alokasi elpiji bersubsidi. Alasannya  belum ada depo sebagai tempat pengisian bahan bakar gas elpiji. Padahal program konversi ini sudah dilaksanakan sejak 2007. (Baca: Pemerintah Kaji Penyaluran Elpiji 3 Kilogram Menggunakan Sidik Jari)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement