Menguat 6 Persen, Rupiah Terbaik atas Mata Uang Utama Dunia

Yura Syahrul
29 Januari 2016, 17:25
Rupiah
Donang Wahyu|KATADATA

KATADATA - Setelah sempat terpuruk hampir sepanjang 2015, mata uang rupiah berbalik menguat dalam empat bulan terakhir ini. Penguatan tersebut menjadikan rupiah sebagai mata uang terbaik di dunia, di saat mayoritas mata uang negara-negara lain melorot akibat perlambatan ekonomi global.

Rupiah telah menguat 5,6 persen terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak 30 September 2015 hingga Kamis kemarin (28/1). Padahal, rupiah sempat anjlok 35 persen dalam kurun tiga tahun sebelumnya menjadi Rp 14.691 per dolar AS dan menjadi salah satu mata uang terburuk di dunia, di tengah penurunan harga komoditas, perlambatan ekonomi Cina dan pengetatan kebijakan moneter.

Namun, menginjak kuartal terakhir 2015, mata uang Indonesia terus menguat hingga awal tahun ini. Berdasarkan catatan Bloomberg, penguatan rupiah 5,6 persen dalam empat bulan terakhir ini merupakan yang tertinggi di antara 31 mata uang utama dunia. Di bawahnya mengekor ringgit Malaysia dan lira Turki masing-masing sebesar 4,48 persen dan 1,63 persen. Sedangkan 25 mata uang lainnya, seperti dolar Singapura, dolar Hong Kong, dan real Brasil melemah terhadap dolar AS.

Pada awal tahun ini, rupiah juga termasuk dari segelintir mata uang dunia yang lebih perkasa ketimbang dolar AS. Hari Jumat ini (29/1), rupiah menguat 0,7 persen dari hari sebelumnya menjadi 13.778 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal 2016 (year to date), rupiah menguat tipis 0,07 persen atau naik 6,2 persen dalam empat bulan ini.

Ebury Partners Ltd, penaksir (forecaster) rupiah paling akurat dalam peringkat Bloomberg, menyatakan kebijakan Bank Indonesia (BI) yang hati-hati dalam menurunkan suku bunga BI rate akhir tahun lalu telah menumbuhkan kepercayaan para investor asing. Alhasil, dalam empat bulan ini, sekitar US$ 4 miliar dana investor asing mengalir masuk ke pasar surat utang Indonesia.

(Baca: Hadapi Tiga Masalah Besar, IMF Pangkas Proyeksi Ekonomi Dunia)

Investor asing juga tertarik masuk ke Indonesia karena melihat rupiah sudah di bawah nilai wajarnya (undervalued). Karena itu, Ebury meramal rupiah bakal bergerak stabil tahun ini dan berada di level 13.800 per dolar AS.

“Penguatan (rupiah) menjadi kejutan yang menyenangkan,” kata Edwin Gutierrez, seorang manajer investasi yang mengelola dana sekitar US$ 11 miliar dan Kepala Surat Utang Negara-Negara Pasar Berkembang Aberdeen Asset Management Plc di London, Inggris, seperti dikutip Bloomberg. Belum lama ini, Aberdeen membatalkan beberapa transaksi lindung nilai (hedging) rupiah karena melihat mata uang ini cenderung bergerak stabil.

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul, Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...