VICO Indonesia Ajukan Perpanjangan Kontrak Blok Sanga Sanga

Safrezi Fitra
1 Februari 2016, 16:37
VICO Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

KATADATA - VICO Indonesia ternyata masih berminat untuk mengelola Blok Sanga Sanga di Kalimantan Timur, setelah kontraknya berakhir pada 2018. PT Pertamina (Persero) kemungkinan bisa mengelola Blok Sanga-Sanga bersama dengan operator lamanya VICO Indonesia setelah kontraknya berakhir pada 2018.

“VICO Indonesia sebagai pengelola WK (wilayah kerja) Sanga-Sanga, beberapa waktu lalu telah mengajukan perpanjangan kontrak,” kata Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja, dalam keterangannya, Senin (1/2).

Advertisement

Selama hampir setengah abad VICO mengolah sumber migas dari Blok Sanga-Sanga. Dari sisi produksi minyak, VICO memang terpaut jauh dari produsen lainnya di Indonesia. Namun, berbekal gas alam dari Blok Sanga-Sanga, VICO tergolong produsen gas bumi yang patut diperhitungkan. 

Hingga saat ini Blok Sanga-Sanga masih memiliki cadangan minyak sebesar 13,2 juta tangki barel (mmstb) dan gasnya 448,96 miliar kaki kubik (bscf). Sementara produksinya sebesar 16.733 barel setara minyak per hari (boepd).

Hal ini juga yang membuat Pertamina tertarik pada Blok Sanga-Sanga. Minat Pertamina telah disampaikan kepada pemerintah secara tidak resmi pada tahun lalu. Sementara VICO Indonesia meski telah mengajukan perpanjangan kontrak, sepertinya tidak ingin mengelola blok tersebut sendirian.

Makanya VICO juga meminta izin kepada Satuan Kerja Khusus Pelakasana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk membuka ruang data Blok Sanga-Sanga, agar kontraktor lain bisa mengaksesnya. Pertamina juga telah mengakses ruang data (data room) yang dibuka VICO Indonesia beberapa waktu lalu.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement