Cuma Satu Kementerian dari 10 Besar Pengguna Anggaran 2015 Terbaik

Maria Yuniar Ardhiati
9 Februari 2016, 17:08
Kabinet Kerja
Arief Kamaludin | Katadata

KATADATA - Penyerapan anggaran kementerian dan lembaga negara (K/L) pada tahun lalu sempat mendapat sorotan dan menuai kritik dari Presiden Joko Widodo. Pasalnya, hingga kuartal ketiga tahun lalu, penyerapan anggaran mayoritas K/L masih minim. Padahal, anggaran belanja pemerintah menjadi bahan bakar utama untuk memacu pertumbuhan ekonomi di tengah melempemnya daya beli masyarakat dan ekspor yang lesu.

Sepanjang 2015, realisasi belanja negara mencapai Rp 1.810 triliun atau 91,2 persen dari pagunya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015. Belanja negara itu terdiri dari realisasi belanja pemerintah pusat sebesar Rp 1.187,1 triliun atau cuma 90 persen dari pagunya. 

Advertisement

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan menilai tingkat penyerapan anggaran K/L tahun 2015 masih perlu dioptimalkan. Selain itu, pola penyerapan anggaran masih terkosentrasi di akhir tahun anggaran 2015.

Sebagai pemangku otoritas pelaksanaan anggaran dan pembina Satuan Kerja K/L di bidang perbendaharaan negara, Ditjen Perbendaharaan mengintensifkan pengawasan dan evaluasi penggunaan anggaran sejak tahun lalu. Dalam Evaluasi Pelaksanaan Anggaran tahun 2015, Ditjen Perbendaharaan melibatkan 87 kementerian dan lembaga negara mulai Selasa ini (9/2) hingga 12 Februari nanti. Ada tiga tujuan yang ingin dicapai melalui rapat koordinasi tersebut.

(Baca: Target APBN 2015 Meleset, Defisit Anggaran Membengkak 2,8 Persen)

Pertama, memberikan gambaran umum hasil monitoring pelaksanaan anggaran dan membahas berbagai persoalan yang dihadapi untuk penyerapan anggaran K/L selama 2015. Kedua, memberikan langkah-langkah strategis dalam melaksanakan anggaran tahun ini. Ketiga, menumbuhkan pemahaman dan kesadaran serta mengoptiomalkan peran pimpinan strategis dalam mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan anggaran di lembaganya masing-masing.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, didapatkan 10 K/L dengan kinerja terbaik selama tahun anggaran 2015,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan N.E. Fatimah dalam siaran persnya, Selasa (9/2). Kesepuluh instansi tersebut akan menerima penghargaan yang akan diserahkan oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Halaman:
Reporter: Maria Yuniar Ardhiati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement