Investor Dijanjikan Untung Besar dari Kilang Tuban

Muchamad Nafi
11 Februari 2016, 16:40
kilang cilacap
Katadata

KATADATA - Melalui Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, pemerintah terus menggenjot percepatan proyek strategis. Satu di antaranya proyek di sektor migas yakni pembangunan kilang baru di Tuban, Jawa Timur dan Bontang, Kalimantan Timur. Untuk membangun Kilang Tuban, PT Pertamina sudah mengantongi lima calon investor yang akan diumumkan pemenangnya pada akhir bulan ini.

Perusahaan pelat merah itu memutuskan membangun kilang secara terintegrasi dengan petrokimia. Sebab, lahan Kilang Tuban berdekatan dengan kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang telah diakuisisi Pertamina beberapa bulan lalu. Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan integrasi industri ini akan membuat tingkat pengembalian investasi atau Internal Rate of Return (IRR) menjadi lebih baik, sehingga lebih menguntungkan investor.

Advertisement

“Yang jelas, kalau kilang minyak saja, IRR- nya kurang begitu bagus,” kata Rachmad usai peresmian Universitas Pertamina di Jakarta, Kamis, 11 Februari 2016. Namun saat ini ada beberapa hal yang harus didiskusikan Pertamina sebelum menetapkan persentase IRR. Apalagi, kata dia, Pertamina akan mengumumkan pemenang investor Kilang Tuban akhir bulan ini. (Baca: Pembangunan Kilang Tuban Bisa Dimulai Tiga Bulan Lagi).

Beberapa hal yang masih dibahas terkait masalah teknis pembangunan kilang yang mesti mendapatkan klarifikasi dari calon investor. Selain itu, Pertamina sedang mendiskusikan insentif bagi investor, misalnya seberapa jauh dampak kemudahan yang diberikan pemerintah terhadap membangun proyek kilang baru. “Insentifnya apa saja, juga masih dalam pendalaman,” kata dia.

Menurut Rachmad, ada dua tahapan yang dikerjakan secara paralel. Pertama, melengkapi data teknis kilang dengan melakukan studi dasar basic engineering design (BED). Kedua, menyiapkan lahan atau site preparation. Proses ini ditargetkan selesai akhir tahun ini. Sebab Pertamina juga mesti menyiapkan peralatan untuk membangun kilang agar proses peletakan fondasi pertama atau groundbreaking dimulai pertengahan 2018.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement