Jokowi: Rencana Kerja 2017 Harus Berubah Total

Safrezi Fitra
11 Februari 2016, 12:09
Sidang Kabinet Paripurna
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi Memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta (10/2)

KATADATA - Presiden Jokowi meminta kepada seluruh jajaran kabinetnya untuk melakukan perubahan total dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun depan. Hal ini disampaikan Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna yang membahas RKP 2017 di Istana Negara, Rabu Sore (10/2).

Selama ini anggaran kementerian dibagikan sesuai dengan struktur organisasi kementerian tersebut. Misalnya anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar Rp 100 triliun, yang dibagikan secara langsung pada 11 direktorat. Dari setiap direktorat dibagi lagi untuk setiap direktur. Dari direktur dibagi lagi ke kepala sub direktorat, dan akhirnya dibagi lagi ke kepala seksi.

“Ini yang menyebabkan anggaran kita hilang tak berbekas, karena duitnya mengikuti organisasi yang ada,” kata Jokowi dalam keterangannya usai sidang tersebut, Rabu sore (10/2). (Baca: Cuma Satu Kementerian dari 10 Besar Pengguna Anggaran 2015 Terbaik)

Tahun depan, Jokowi ingin para menteri secara langsung mengendalikan anggaran di kementeriannya. Jajaran di bawah menteri hanya akan memberikan perincian. Sedangkan rencana program dan kebijakan anggaran harus dipegang oleh menteri.

Jokowi juga meminta agar penggunaan program menyebut pada keperluannya secara langsung. Di Kementerian Kelautan dan Perikanan misalnya, untuk membeli jaring, membeli benih, atau membeli ikan. Sehingga mekanisme pengontrolan dan pengawasannya mudah.

Penganggaran yang selama ini berbasiskan fungsi atau money follow function, tahun depan akan berubah menjadi dengan berorientasi pada program yang memberi manfaat langsung atau money follow program. Artinya anggaran difokuskan pada program yang jelas. Jokowi juga meminta untuk memangkas program yang nomenklaturnya tidak jelas dan tidak ada manfaatnya bagi rakyat.

Halaman:
Reporter: Safrezi Fitra
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...