Pangkas Anggaran, Pemerintah Tambah Alokasi Dana untuk Lahan

Safrezi Fitra
12 Februari 2016, 18:20
Sofyan Djalil
Arief Kamaludin|KATADATA
Sofyan Djalil -------------- AriefKamaludin|KATADATA

KATADATA - Pemerintah akan memangkas anggaran program-program yang tidak tepat sasaran untuk dialokasikan program pembangunan infrastruktur. Terutama untuk menunjang anggaran pembebasan lahan pada proyek infrastruktur prioritas.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil mengatakan penyediaan lahan merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembangunan infrastruktur. Perlu ada anggaran lebih untuk memfasilitasi penyediaan lahan tersebut.

Bappenas menargetkan mulai tahun ini sudah ada pengalokasian dana untuk pembebasan lahan, dimulai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016. “Sehingga nantinya 2017 alokasi (anggaran) untuk penyediaan lahan akan semakin banyak,” kata Sofyan saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (12/2). (Baca: Jokowi: Rencana Kerja 2017 Harus Berubah Total)

Nantinya, setiap kementerian dan lembaga (K/L) akan diminta untuk menjelaskan setiap program yang diajukan beserta fungsi dan tujuan dari anggarannya. Jika programnya dirasa kurang bisa memberikan manfaat bagi rakyat, maka programnya tidak akan disetujui. Anggarannya akan dialokasikan pada program lain yang lebih prioritas.

Pemangkasan anggaran ini hanya dilakukan untuk program setiap kementerian dan lembaga. Sofyan memastikan tidak ada anggaran belanja pegawai yang terpotong dari pemindahan alokasi anggaran ini. Hanya belanja modal yang belum prioritas saja yang akan digunakan untuk mendanai program yang lebih bermanfaat.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...