BRI dan Mandiri Berencana Turunkan Bunga

Maria Yuniar Ardhiati
19 Februari 2016, 17:44
Suasana Stan BRI
Arief Kamaluddin | Katadata

KATADATA - Setelah Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan dan Giro Wajib Minimum, dua lembaga keuangan pemerintah berencana memangkas bunga banknya. Keduanya yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri. Direktur BRI Haru Koesmahargyo menyatakan kebiijakan moneter bank sentral tersebut sangat mendukung perbankan.

“Suku bunga pasti didorong turun,” kata Haru di Jakarta, Kamis, 18 Februari 2016. Haru menjelaskan, pertumbuhan ekonomi yang tidak lebih tinggi dibanding tahun lalu telah memberi pilihan bagi para pengusaha bank untuk memberikan bunga lebih rendah. Dengan demikian, ia menilai akan terjadi kompetisi yang lebih sehat.

Untuk itu, BRI memutuskan akan menurunkan suku bunga deposito dan kredit. Bank pelat merah ini, kata Haru, segera mengambil langkah tersebut sebelum kehilangan momentum. (Baca: Likuiditas Mengetat, Bank Masih Sulit Pangkas Bunga)

Seperti halnya BRI, Bank Mandiri juga akan menempuh kebijakan serupa. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas menyebut bank ini akan menurunkan suku bunga, “Dalam dua hingga tiga bulan,” ujarnya. Walau sebenarnya, dia mengklaim, bunga deposito di bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sudah sangat rendah dengan di kisaran 6 persen. Sementara itu bunga kredit 9 - 12 persen.

Menurut dia, kondisi likuiditas sempat mengetat pada Desember 2015. Namun hal ini tidak menyentuh Bank Mandiri. Karena itu, kenaikan pajak yang biasa terjadi pada akhir tahun sudah diantisipasi. Dengan demikian, likuiditas sudah disiapkan karena penarikan pajak setiap tahun sudah menjadi hal yang pasti. (Baca: BI Berpeluang Akhiri Rezim Bunga Tinggi).

Sementara itu, Kepala Divisi Treasury BCA Branko Windoe menilai faktor likuiditas telah memicu persaingan antarbank dan lembaga keuangan di pasar. “Dengan adanya penurunan Giro Wajib Minimum (GWM), likuiditas tidak akan terganggu,” kata Kepala Divisi Treasury BCA Branko Windoe. Penurunan tersebut malahan membantu suku bunga.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...