Hibah dari Negara Asing Jadi Opsi Sumber Dana Ketahanan Energi

Arnold Sirait
23 Februari 2016, 21:07
BBM Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
DKE penting karena energi fosil suatu saat akan habis.

KATADATA -  Pemerintah terus menggodok sumber pendanaan untuk Dana Ketahanan Energi (DKE). Setelah memutuskan tidak menarik pungutan dari masyarakat, saat ini pemerintah membuka opsi lain yakni dana hibah dari negara lain.  

Staf Khusus Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widhyawan Prawiraatmadja mengatakan, pemerintah sedang menyiapkan payung hukum untuk pemungutan DKE. Salah satu yang dibahas dalam aturan tersebut adalah sumber dana. Ada beberapa opsi yang saat ini tengah didiskusikan sebagai sumber pendanaan DKE.

Advertisement

Yaitu, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau diambil dari pajak bahan bakar fosil. Selain itu, opsi pendanaannya adalah hibah dari negara lain atau lembaga keuangan internasional. “Kami pernah ditawari hibah dari Norwegia,” katanya di Jakarta, Selasa (23/2).

(Baca: Menteri Sudirman: Dana Ketahanan Energi Tak Dipungut dari Masyarakat)

Menurut Widhyawan, pembentukan dana ketahanan ini sangat penting karena energi fosil suatu saat akan habis. Untuk itu harus ada dana cadangan yang nantinya bisa digunakan untuk memulihkan lokasi pertambangan ke kondisi semula sebelum ditambang. Dana ini juga bisa digunakan untuk membangun infrastruktur energi baru terbarukan yang lebih ramah lingkungan sebagai diversifikasi energi selain energi fosil. Adanya pengembangan energi yang lebih ramah lingkungan ini juga diharapkan mampu mewujudkan ketahanan energi.   

Dalam penyusunan payung hukum tersebut, pemerintah juga akan berkonsultasi dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Tidak hanya dengan DPR, Kementerian Energi akan membahas masalah ini bersama dengan kementerian lain. “Nantinya sumber pendanaan ditetapkan Kementerian ESDM, berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement