Realisasi Investasi Cina Rendah, BKPM Buat Desk Khusus

Yura Syahrul
29 Februari 2016, 12:48
BKPM
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA - Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai realisasi investasi Cina di dalam negeri masih rendah. Karena itu, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Cina BKPM membuat desk khusus investasi Cina.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, komitmen investasi Cina dalam rentang tahun 2010 hingga 2015 mencapai US$ 22 miliar. Namun, rasio realisasi investasi dari negara itu dalam periode tersebut hanya mencapai 14 persen. Kehadiran desk khusus ini diharapkan dapat menjembatani hambatan dalam mewujudkan realisasi investasi Cina. "Ini wujud tanggung jawab BKPM untuk memberi dukungan terhadap komitmen investasi," katanya dalam acara Investor Forum Cina dan Hong Kong di Gedung BKPM, Jakarta, Senin (29/2).

Franky menambahkan, dirinya dan Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Tamba Hutapea akan menjadi Person in Charge (PIC) desk khusus ini. "Sedangkan dari Kedutaan Besar Cina akan menempatkan 2 atau 3 orang petugas di sini," katanya.

Menurut dia, kehadiran desk khusus ini menyusul beberapa desk khusus negara Asia Timur lain yang telah ada sebelumnya di BKPM. Sekadar informasi, BKPM telah membentuk desk khusus investasi Korea Selatan dan Jepang untuk memudahkan realisasi investasi kedua negara tersebut di Indonesia.

(Baca: Asing Tertarik Investasi E-Commerce, Logistik dan Barang Konsumsi)

Franky mengidentifikasi dua faktor penyebab rendahnya realisasi investasi Cina Pertama, kendala bahasa. Alhasil, kalau ada kendala bahasa dalam proses realisasi investasi itu maka sulit  diselesaikan. Karena itu, kehadiran petugas dari Kedutaan Besar Cina akan membantu menyelesaikan permasalahan bahasa kepada investor.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...