Terkendala Lahan, 5 Kawasan Ekonomi Belum Siap Beroperasi

Muchamad Nafi
1 Maret 2016, 19:25
Proses Reklamasi Pantai Kampung Nelayan Palu
Muchamad Nafi | Katadata

KATADATA - Pemerintah menyatakan lima dari delapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang telah ditetapkan belum siap beroperasi. Hal ini lantaran ada beberapa hambatan yang belum dibereskan pada pengelolaan kawasan tersebut.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani mengatakan kelima Kawasan Ekonomi Khusus tersebut adalah Bitung, Sulawesi Utara; Palu, Sulawesi Tengah; Morotai, Maluku; Tanjung Api-api, Sumatera Selatan; serta Maloy Batuta, Kalimantan Timur. Sedangkan yang sudah siap adalah Tanjung Lesung, Banten; Mandalika, Nusa Tenggara Barat; dan Sei Mangkei, Sumatera Utara.

Advertisement

“Catatan yang lima itu cukup banyak, terutama faktor lahan yang dibebaskan,” kata Franky usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa, 1 Maret 2016. (Baca: Pemerintah Janjikan Kawasan Ekonomi Khusus Bertabur Insentif).

Untuk mengatasi hambatan itu, solusi yang akan ditempuh yaitu mengundang pemerintah daerah yang memiliki kawasan industri tersebut. Juga akan menghadirkan pemerintah daerah yang wilayahnya potensial dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus untuk mencari solusi atas hambatan infrastruktur atau pembebasan lahan. Hal ini penting mengingat status kawasan khusus juga tanggung jawab pemerintah pusat dalam hubungannya dengan investor.

Franky menyatakan saat ini pemerintah sedang mempersiapkan tambahan KEK yakni Tanjung Kelayang yang berada di Pulau Belitung, Bangka Belitung. Usulan untuk memasukkan wilayah ini sebagai KEK berasal dari konsorsium Belitung Maritime dengan perkiraan investasi Rp 2,5 triliun.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement