Pertamina Siapkan Rp 26 Triliun Bangun Pembangkit Listrik EBT

Safrezi Fitra
7 Maret 2016, 12:53
Pembangkit Listrik Muara Tawar, Bekasi
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA – PT Pertamina (Persero) menyatakan dukungan terhadap Program Indonesia Terang yang digagas pemerintah. Perusahaan minyak dan gas negara ini menyiapkan dana hingga US$ 2 miliar atau sekitar Rp 26 triliun untuk membangun pembangkit listrik energi baru dan terbarukan (EBT) dalam lima tahun ke depan.

“Pertamina siap untuk mengembangkan program 1.000 MW (megawatt) berbasis energi baru terbarukan dalam lima tahun kedepan dan ini diperkirakan total kps-nya sekitar US$ 2 milyar,” ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam keterangannya, Minggu (6/3).

Dwi mengatakan masa depan energi bukanlah minyak dan gas bumi melainkan energi baru terbarukan, karena itu Pertamina akan serius mengembangkan energi baru terbarukan. Proyek pembangkit yang akan dibangun Pertamina akan difokuskan di Indonesia Timur. (Baca: Tiga Negara Eropa Incar Proyek Energi Baru Terbarukan)

Salah satu yang akan dibangun adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 MW di Nusa Tenggara Barat. Pembangunan proyek ini dilakukan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Rencananya Pertamina akan membangun 30 proyek serupa hingga 2019.

Selain itu, Pertamina juga akan bekerjasama dengan PT EMI untuk melakukan audit energi. Hasil audit energi ini akan menjadi acuan dasar program konservasi Pertamina ke depan, dalam mengelola energi agar bisa lebih efisien.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan rencana Pertamina membangun pembangkit di Timur Indonesia merupakan terobosan besar. Pembangkit yang akan dibangun pun kapasitas cukup besar bagi daerah tersebut.

Halaman:
Reporter: Safrezi Fitra
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...