Pembukaan Data Nasabah Bank bagi Pajak Akan Dipermudah

Muchamad Nafi
8 Maret 2016, 14:32
Pajak_Katadata_Arief.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA - Untuk mendorong penerimaan pajak makin besar, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro berencana mempemudah akses perbankan bagi Direktorat Jenderal Pajak. Langkah ini akan diatur dalam revisi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Di sisi lain, Kementerian Keuangan juga mengkaji kebijakan yang memberi perlindungan kepada pihak-pihak yang memberikan akses terhadap data rahasia wajib pajak. “Kalau KUP, intinya kami dorong dibuka akses perbankan untuk pajak. Supaya sama dengan revisi Undang-Undang Perbankan,” kata Bambang di kantornya, Senin malam, 7 Maret 2016.

Tahun ini, pemerintah mentargetkan penerimaan pajak, termasuk minyak dan gas (migas), sebesar Rp 1.360,2 triliun. Per Februari, nilainya baru mencapai sembilan persen atau sekitar Rp 122,4 triliun. Angka ini lebih kecil dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp 125 triliun. (Baca: Dirjen Pajak Berharap Data Nasabah Bank Bukan Lagi Rahasia).

Sebelumnya, Direktur Peraturan Perpajakan I DJP Irawan mengatakan akan ada satu pasal dalam revisi Undang-Undang KUP yang mengatur penghapusan sanksi pidana bagi pemberi data rahasia wajib pajak yang diatur dalam UU lain. Terkait rencana ini, Direktorat Pajak sudah berkoordinasi dengan Bank Indonesia, dengan harapan kebijakan serupa diberlakukan dalam Undang-Undang Perbankan. “Idealnya di UU Perbankan hilangkan kerahasiaan khusus perpajakan, nanti UU KUP mengikuti,” ujar Irawan.

Selanjutnya, Kementerian Keuangan juga mengkaji kemudahan perizinan membuka data nasabah di perbankan. Selama ini Direktur Jenderal Pajak harus mengirimkan surat ke Menteri Keuangan, setelah itu otoritas fiskal tersebut meminta persetujuan Gubernur Bank Indonesia atau Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Ke depan, rantai perizinan ini dipangkas. Dari Dirjen Pajak dibawa langsung ke Gubernur BI atau Ketua Dewan Komisioner OJK.

“Ada ratusan bahkan mendekati ribuan (permintaan DJP untuk buka data nasabah). Cuma tahapan di internal kami saja bisa sebulan. Surat untuk pembukaan rekening itu bisa empat sampai lima apply,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Mekar Satria Utama. (Baca juga: Tekan Suku Bunga, Bank BUMN Lakukan Efisiensi).

Kebijakan ini diharapkan rampung pada 2017 seiring dengan berlakunya pertukaran data secara otomatis atau Automatic Exchange of Information mengenai pajak. Setelah itu, Direktorat Pajak akan memisahka diri dari Kementerian Keuangan dan disebut dengan Badan Otonomi Pajak, yang diharapkan beroperasi per 1 Januari 2018.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...