April, Tarif Listrik Turun Lagi

Safrezi Fitra
31 Maret 2016, 19:31
Pembangkit Listrik Tenaga Air, Kracak, Bogor
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA – Setelah menurunkan tarif dasar listrik (TDL) bulan ini, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) kembali mengeluarkan kebijakan serupa. Penurunan tarif untuk kedua kalinya dalam tahun ini akan mulai berlaku April 2016.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Mabrbun mengatakan Penurunan tarif lisrtik ini berkisar antara Rp 8 hingga Rp 12 per kilowatt jam (kWh). Penurunan tarif ini dipengaruhi oleh tiga variable ekonomi makro. Pertama, stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

Advertisement

“Nilai kurs Rupiah Januari 2016 sebesar Rp 13.889 per dolar AS, turun menjadi Rp 13.516 per dolar AS pada Februari 2016,” ujar Benny dalam keterangan resmi yang diperoleh Katadata, Kamis (31/3).

Kedua, tren harga minyak mentah Indonesia (ICP). Harga ICP pada bulan Januari 2016 adalah sebesar US$ 27,49 per barel. Angka ini mengalami kenaikan pada bulan berikutnya yaitu di Februari 2016 menjadi US$ 28,29 per barel. 

Sedangkan faktor ketiga adalah relatif rendahnya angka inflasi bulanan secara nasional. Badan Pusat Statistik mencatat inflasi yang terjadi pada Januari sebesar 0,51 persen. Bulan berikutnya berubah menjadi deflasi sebesar 0,09 persen. (Baca: Bisnis dan Industri Kecil Dapat Diskon Tarif Listrik)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement