Dikabarkan Akuisisi Newmont, Harga Saham Medco Naik 42 Persen

Yura Syahrul
31 Maret 2016, 17:48
newmont-nusa-tenggara.jpg
KATADATA/
Tambang Newmont Nusa Tenggara

KATADATA - Harga saham PT Medco Energi Internasional Tbk melonjak tajam hampir 42 persen hanya dalam empat hari terakhir. Lonjakan harga saham Medco tersebut terjadi di tengah semakin santernya kepastian rencana perusahaan minyak dan gas bumi ini mengakuisisi saham PT Newmont Nusa Tenggara.

Pada penutupan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis ini (31/3), harga saham Medco melonjak 12,4 persen dibandingkan hari sebelumnya menjadi Rp 1.495 per saham. Geliat harga saham perusahaan milik taipan Arifin Panigoro ini sebenarnya sudah terlihat sejak awal pekan ini. Pada Senin lalu (28/3), harga sahamnya naik 13,3 persen dari level Rp 1.055 per saham. Artinya, sejak Senin hingga Kamis ini harga saham Medco sudah melonjak 41,7 persen.

Para investor di bursa saham pun  mengaitkan lonjakan harga saham tersebut dengan kedatangan para petinggi Medco ke Istana Negara, Jakarta, pada Senin lalu. Kala itu, Arifin menemui Presiden Joko Widodo didampingi oleh Presiden Direktur Medco Hilmi Panigoro dan Presiden Komisaris Medco Muhammad Lutfi.

Namun, trio petinggi Medco ini enggan menjelaskan materi pembicaraan dengan Jokowi yang berlangsung selama lebih satu jam itu. Lutfi hanya mengatakan pertemuan itu berkaitan dengan urusan bisnis. "Ini urusan dagang, urusan perusahaan, urusan Medco," kata Lutfi, seperti dikutip dari situs tempo.co. Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu menambahkan akan mengumumkan hal tersebut pada hari Kamis. “Nanti, Kamis (31/3), kami baru ngomong resmi. Kamis, kami ke sini lagi.”

Namun, hingga Kamis sore ini tidak terlihat kedatangan rombongan Medco ke istana presiden. Juru Bicara Presiden, Johan Budi S.P. juga menegaskan tidak ada pertemuan Presiden dengan para petinggi Medco, Kamis ini. “Hari ini saya tidak melihat ada jadwal Presiden bertemu dengan petinggi Medco,” katanya kepada Katadata.

Berdasarkan kabar yang berkembang di bursa saham, kedatangan para petinggi Medco pada senin lalu itu untuk melaporkan kepada Presiden dan membahas rencana mengakuisisi saham Newmont. “Kabarnya Medco segera merampungkan akuisisi salah satu aset nasional berkelas dunia yg dimiliki Indonesia, yaitu tambang emas Newmont,” kata seorang pelaku pasar.

(Baca: Teken Kontrak Konstruksi US$ 240 Juta, Medco Mulai Garap Blok A)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait, Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...