Jokowi Dorong Bank Daerah Berhimpun Bentuk Induk Usaha

Yura Syahrul
31 Maret 2016, 13:37
Jokowi dialog
Katadata
Presiden Jokowi dalam dialog publik bersama ISEI di Jakarta, Rabu (30/3). (Arief Kamaludin | KATADATA)

KATADATA - Dorongan pembentukan induk usaha (holding) Bank Pembangunan Daerah (BPD) semakin menguat. Kali ini, dorongan tersebut datang langsung dari Presiden Joko Widodo. Ia menyarankan kepada BPD untuk berhimpun membentuk holding agar bisa saling bersinergi, sehingga investasi dan modal yang dimiliki dapat digunakan lebih tepat.

“Kalau BPD mau bangun holding bisa saling membantu, bisa saling memudahkan,” ujar Jokowi dalam sebuah forum dialog publik yang diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Jakarta,Rabu (30/3). Selain bersinergi untuk meningkatkan daya saing, holding BPD akan mempermudaj pencarian modal dan investasi.

Advertisement

Meski begitu, dia menyadari pembentukan induk usaha BPD tidak mudah. Sebab, tergantung dari kemauan para pemilik bank tersebut, yang notabene adalah gubernur di masing-masing provinsi. Untuk itu, perlu adanya kajian yang tepat sehingga pembentukan holding BPD bisa direalisasikan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad sependapat dengan keinginan Jokowi. Menurut dia, BPD di masing-masing daerah perlu membentuk induk usaha untuk meningkatkan daya saing. "Kami memang inginnya ke arah situ, ini sudah lama. Kalau pemerintah mendorongnya begitu, saya kira semua harus dipersiapkan secara baik," ujarnya.

(Baca: Penurunan Bunga Secara Cepat Dapat Ganggu Perbankan)

Namun, Muliaman mengakui, pembentukan holding BPD ini tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa. Perlu ada strategi yang tepat agar BPD yang ada mau berhimpun dalam sebuah induk usaha.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement