Pertamina Siap Pasarkan 30 Ribu Kiloliter Solar Jenis Baru

Arnold Sirait
1 April 2016, 09:00
solar
Arief Kamaludin | Katadata
Pada tahap awal, Dexlite hanya dijual di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

KATADATA - PT Pertamina (Persero) berencana meluncurkan solar jenis baru pada pertengahan April nanti. Produk tersebut diharapkan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memilih jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sesuai dengan kebutuhannya.

Vice President Fuel Marketing Pertamina Afandi mengatakan, solar jenis baru ini nantinya akan bernama Dexlite. Saat ini, Pertamina masih memproses pengusulan nama itu kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mendapatkan merek dagang. Dengan begitu, tidak ada risiko hukum di kemudian hari.

Advertisement

Pada tahap awal, Dexlite hanya dijual di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Volume yang disiapkan saat peluncuran sebanyak 1.500 kiloliter. Sedangkan target penjualan sampai akhir tahun ini sebesar 30 ribu kiloliter. “Kalau sudah bagus pasarnya nanti bisa ditambah,” kata dia kepada Katadata, Kamis (31/3).

Produk baru ini nantinya memiliki bilangan cetane 51. Cetane merupakan ukuran tingkat kepekaan terhadap pembakaran. Bilangan Cetane Dexlite ini lebih tinggi dibandingkan solar bersubsidi yang hanya 46 sampai 48. Tapi angka ini juga lebih rendah dari bilangan cetane milik Pertamina Dex sebesar 53.

(Baca: Harga Minyak Rendah, Pemerintah Berencana Cabut Subsidi Solar)

Selain itu, Dexlite memiliki kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm. Menurut Affandi, kendaraan yang bisa menggunakan bahan bakar ini adalah mobil mesin diesel common rail tipe lama. “Seperti Pajero, Fortuner dan lain-lain,” ujar dia.

Terkait harga jual, Pertamina belum mematok besarannya. Namun, Affandi menaksir harga Dexlite sekitar Rp 6.000 sampai Rp 7.000 per liter. Ini lebih mahal dibandingkan harga solar subsidi per 1 April ini yang sebesar Rp 5.150 per liter.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement