SKK Migas Akan Bereskan Proses Terminasi Blok Migas

Arnold Sirait
1 April 2016, 18:16
skk migas.jpg
www.skkmigas.go.id

KATADATA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) segera menyelesaikan proses terminasi atau pencabutan hak pengelolaan sejumlah blok migas. Setelah proses terminasi rampung, blok tersebut akan segera dilelang kepada investor baru.

Kepala Bagian Humas SKK Migas Elan Biantoro mengatakan, saat ini ada beberapa blok yang masih dalam proses terminasi. Antara lain, Blok West Glagah Kambuna, Blok Palangkaraya, dan Blok Halmahera Kofiau. Proses ini masih memerlukan waktu agak lama karena harus melalui beberapa tahapan.

Advertisement

Tahapan pertama yakni mengidentifikasi aset mana saja yang menjadi hak negara dan kontraktor. Jika dalam proses identifikasi ada yang merupakan milik negara maka operator harus mengembalikan blok itu. Tidak hanya aset, tahapan lainnya adalah memverifikasi semua data yang diambil oleh kontraktor sewaktu masa pengeboran atau eksplorasi. Sesuai dengan regulasi, data tersebut merupakan milik negara sehingga harus diserahkan kepada negara.

(Baca: Total E&P Kembalikan 8 Blok Migas Kepada Pemerintah)

SKK Migas juga harus memastikan komitmen yang belum terlaksana untuk dibayarkan. Misalnya dalam kontrak bagi hasil, ada komitmen investasi sebesar US$ 10 juta untuk mengebor satu sumur. Namun, pada saat yang ditentukan belum juga melakukan komitmennya sehingga kontraktor migas harus membayar ke pemerintah sebagai penerimaan negara bukan pajak. “Jadi tujuannya jangan sampai ada kewajiban kontraktor yang belum dibayar pada saat terminasi. Ini semua harus diverifikasi oleh kami satu per satu, tidak boleh ada pihak yang dirugikan,” kata dia kepada Katadata beberapa waktu lalu.

(Baca: Pemerintah Ancam Cabut Izin 13 Kontraktor Migas)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement