Proposal Pengembangan Blok Kasuri Menunggu Sertifikasi Cadangan

Arnold Sirait
4 April 2016, 21:04
Pengeboran minyak lepas pantai.
KATADATA

Pengajuan proposal rencana pengembangan atau Plan of Development (PoD) Blok Kasuri tinggal selangkah lagi. Genting Oil selaku operator blok minyak dan gas bumi di Papua Barat masih menunggu hasil sertifikasi cadangan yang dilakukan oleh Lemigas.

Deputi Pengendalian Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Gunawan Sutadiwiria mengatakan, sampai saat ini Genting belum mengajukan proposal pengembangan lapangan. “Kasuri masih menunggu sertifikasi cadangan dari Lemigas,” kata dia kepada Katadata, Senin (28/4). 

Namun, dia memperkirakan proses di Lemigas tidak akan berlangsung lama lantaran prosesnya sudah berjalan sejak beberapa hari lalu. Bahkan, bulan ini Genting sudah bisa mendapatkan sertifikasi tersebut. Setelah itu, Genting bisa mengajukan proposal pengembangan lapangan di Blok Kasuri.

(Baca: Genting Oil Berencana Lepas Saham Blok Kasuri di Papua)

Sertifikasi cadangan adalah upaya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mencoba mengklasifikasi cadangan migas yang bersifat universal dan dapat diterima oleh semua pihak. Ada tiga klasifikasi cadangan migas yakni cadangan terbukti, cadangan mungkin dan cadangan harapan. Pada tahap ini cadangan potensial migas dapat dihitung berdasarkan data kuantitatif, seperti data seismik atau peta geologi.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...