Jokowi Libatkan Intelijen dalam Putusan Blok Masela

Arnold Sirait
5 April 2016, 12:06
Presiden Jokowi
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo mengaku telah mempertimbangkan secara matang dalam memutuskan skema darat untuk pengembangan Blok Masela. Selain itu, mendengarkan masukan dari berbagai pihak, termasuk melibatkan pihak intelijen.

Pihak intelijen ini turun langsung untuk mengetahui keinginan masyarakat Maluku terhadap pengembangan blok kaya gas di Laut Arafura itu serta lokasi pembangunan kilangnya. “Saya sudah turunkan intelijen untuk mendengarkan suara di Maluku, di sini menghendaki darat,” kata Jokowi saat meresmikan Jembatan Merah Putih di Ambon, Maluku, Senin (4/4), seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Advertisement

Karena itulah, Jokowi memutuskan pengolahan gas Lapangan Abadi di Blok Masela dilakukan di darat atau menggunakan skema on shore. Dengan membangun kilang di darat, proyek tersebut akan memberikan dampak yang signifikan bagi daerah sekitarnya. Pengawasan pembangunannya pun akan lebih mudah, dibandingkan harus membangun kilang di laut.

(Baca: Rizal Ramli: Banyak yang Antre Kalau Inpex Kabur dari Masela)

Jokowi memahami, dari sisi investor pasti akan lebih senang jika kilang gas dibangun di laut melalui fasilitas Floating Liquefied Natural Gas (FLNG). Tapi, dari sisi pembangunan kawasannya, blok yang memiliki cadangan 10,73 triliun kaki kubik ini akan memberikan efek ekonomi berantai yang besar kalau kilang dibangun di darat.

Agar efek berantai itu terwujud, Jokowi juga meminta desain pembangunan wilayah disiapkan secara matang. Sebab, pembangunan kilang di darat pun belum menjamin pengembangan kawasan. Ia mencontohkan pembangunan kilang di Bontang, Kalimantan, yang pertumbuhannya hanya dinikmati daerah di sekitar kilang. Sementara kawasan yang lebih luas tidka berkembang. “Di darat kalau tidak didesain yang baik, jadinya juga tidak baik. Apalagi di laut, ini nanti menjadi superenclave, rakyat hanya melihat dari jauh,” ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement