Soal Efisiensi Pegawai, Chevron Klaim Tak Ada Pengurangan Gaji

Arnold Sirait
7 April 2016, 18:47
Pekerja Chevron
Arief Kamaludin|KATADATA

Manajemen Chevron Indonesia mengaku masih dalam proses penataan organisasi atau reorganisasi. Salah satu bentuknya adalah efisiensi karyawan berupa tawaran pengunduran diri secara sukarela. Meski begitu, bagi karyawan yang ingin meneruskan bekerja, Chevron menjamin tidak akan ada pemangkasan gaji.

Senior Vice President Policy, Government and Public Affairs Chevron Yanto Sianipar mengatakan, program reorganisasi tersebut berupa tawaran pengunduran diri secara sukarela kepada seluruh karyawan Chevron.  Sekadar informasi, berdasarkan laman situs Chevron, perusahaan migas asal Amerika Serikat tersebut memiliki sekitar 6.300 karyawan dan 30 ribu karyawan mitra kerja di Indonesia.

Advertisement

Bagi karyawan yang menerima program pengunduran diri secara sukarela ini  akan mendapatkan beberapa kompensasi. Namun, jika si karyawan tidak mengambil program tersebut, masih  tetap bisa bekerja di Chevron. Yanto pun menjamin, setiap pegawai yang bertahan akan mendapatkan posisi di organisasi baru Chevron.

(Baca: Chevron PHK Ribuan Karyawan di Indonesia)

Namun, untuk mendapatkan posisi tersebut, si karyawan terlebih dahulu harus mengikuti proses seleksi. Tujuannya untuk menentukan posisi baru yang akan ditempati. Setelah itu, si karyawan bakal tetap mendapatkan haknya sesuai dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). “Tidak ada pengurangan gaji,” kata Yanto kepada Katadata, Kamis (7/4).

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement