Kinerja Kontraktor Membaik, Lifting Minyak Telah Lewati Target

Anggita Rezki Amelia
8 April 2016, 16:10
Pengeboran minyak lepas pantai.
KATADATA

Masih rendahnya harga minyak dunia ternyata tidak mengganggu pencapaian produksi siap jual (lifting) minyak bumi di Indonesia. Bahkan, hingga awal April ini, lifting minyak berhasil melampaui target yang sudah ditentukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, pada periode Januari hingga 5 April lalu, rata-rata lifting minyak telah mencapai 836 ribu barel per hari (bph). Padahal, target lifting minyak dalam APBN 2016 sebesar 830 ribu bph. “Semoga bisa terus dipertahankan sampai akhir tahun agar lifting bisa terjaga sesuai target,” kata dia dalam diskusi dengan beberapa wartawan di Jakarta, Jumat (8/4).

(Baca: Produksi Minyak Lapangan Bukit Tua Meningkat)

Meski harga minyak mentah dunia sedang rendah, lifting minyak Januari hingga Maret lalu memang terus meningkat. Pada Januari, lifting minyak sudah mencapai 819 ribu bph. Lalu, pada Februari, naik menjadi 840 ribu bph dan Maret menyentuh level 847 ribu bph. Namun, per 5 April lalu, lifting minyak turun menjadi 841 ribu bph.

Tak hanya lifting minyak, lifting gas juga melampaui target yang sudah ditentukan. Dalam APBN 2016, lifting gas hanya ditetapkan 6.470 juta kaki kubik (mmscfd). Sementara realisasi per 5 April lalu bisa mencapai  8.214 mmscfd. (Baca: Pacific Oil and Gas Tunda Produksi Blok Kisaran)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...