Kinerja Apple Terburuk dalam 13 Tahun Terakhir

Maria Yuniar Ardhiati
27 April 2016, 10:12
iphone apple
Arief Kamaludin|KATADATA
Para analis pasar modal di Amerika Serikat itu bahkan memperkirakan penjualan Apple tergerus hingga dua digit pada tiga bulan pertama 2016.

Pasar menunggu pengumuman Apple mengenai kinerja penjualan dan keuntungannya yang anjlok pada kuartal pertama tahun ini. Dalam sebuah laporan utama pada Senin, 25 April 2016, CNN menyebutkan kondisi ini jarang terjadi mengingat perusahaan tersebut berkembang sangat pesat. Bahkan, Apple disebut-sebut sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia saat ini. Terakhir kali, penjualan Apple sempat turun pada kuartal pertama pada 2003. Padahal, ketika itu produk PowerMac menjadi yang paling diminati pembeli. Pada masa itu juga, Apple berhasil menjual 611 unit iPod, sebelum iTunes Music Store diluncurkan.

Turunnya penjualan Apple mengejutkan berbagai kalangan. Namun, prediksi Wall Street lebih mengagetkan lagi. Para analis pasar modal di Amerika Serikat itu bahkan memperkirakan penjualan Apple tergerus hingga dua digit pada tiga bulan pertama 2016. Apple belum pernah mengalami hal semacam ini sejak 2001. Di tahun tersebut, Windows 98 mendominasi sistem operasi komputer dan tidak seorang pun mengenal iPod, karena memang belum diperkenalkan.

Waktu terus berputar. Sekarang, lebih dari dua per tiga pemasukan Apple datang dari penjualan iPhone. Pada Januari lalu, Tim Cook telah memprediksi penjualan iPhone akan lesu, pertama kalinya dalam sejarah. Meski mengejutkan, tapi demikianlah kenyataannya, walaupun kondisi perekonomian saat ini sangat berbeda dibanding 2015. Penjualan Mac juga tidak banyak membantu.

Saat ini, para analis Apple menggantungkan harapan pada iPhone 7 sebagai pendongkrak angka penjualan. Kinerja dalam beberapa kuartal mendatang diperkirakan lebih lemah. Berikut ini data penjualan berbagai produk Apple.

iPhone

Kuartal pertama 2015: 61,2 juta.
Prediksi untuk kuartal pertama 2016: 50,4 juta (turun 18 persen).

Ini pertama kalinya penjualan iPhone turun sejak diluncurkan pada 2007. Permintaan terhadap iPhone terbaru tidak sekuat yang diharapkan. Menurut Cook, sekitar 60 persen pengguna iPhone belum memperbarui gadget mereka menjadi iPhone 6, 6S, 6Plus maupun 6S Plus.

iPad

Kuartal pertama 2015: 12,6 juta
Prediksi untuk kuartal pertama 2016: 10,1 persen (turun 20 persen).

Penjualan iPad diperkirakan merosot selama sembilan kuartal berturut-turut.

Mac

Kuartal pertama 2015: 4,6 juta.
Prediksi untuk kuartal pertama 2016: 4,6 juta (tetap).

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...