Menkeu Turun Tangan, Tol Batang-Semarang Berjalan Lancar

Desy Setyowati
27 April 2016, 14:44
Jalan Tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Badan usaha pemenang lelang pembangunan jalan tol Batang - Semarang menandatangani perjanjian penjaminan dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia, hari ini. Dengan begitu, pemerintah yakin ruas tol Trans Jawa bagian dari Jakarta - Semarang bisa selesai pada 2018.

Perusahan yang memenangkan lelang adalah PT Jasa Marga Semarang Batang, konsorsium antara PT Jasa Marga dan PT Waskita Karya Toll Road. Nilai investasi ruas sepanjang 75 kilometer ini diperkirakan Rp 11 triliun. Proyek tersebut akan menyatukan jalur dari Merak - Banyuwangi. Infrastruktur ini menjadi proyek pertama yang mendapat jaminan dari Menteri Keuangan melalui PT Penjaminan Infrastruktur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono mengatakan tol ini merupakan salah satu proyek infrastruktur strategis nasional yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016. Dua tahun lagi, jalur tersebut menuntaskan sisa pembangunan ruas Semarang hingga Surabaya. (Baca: Tol Trans Jawa Akan Beroperasi 2018).

 “Dengan begitu, program konektivitas tol Trans Jawa dan Sumatera akan lebih lancar pada 2018-2019,” kata Basuki saat penandatanganan perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Batang - Semarang di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 27 April 2016.

Proyek ini, kata Basuki, juga mendapat dana talangan lahan yang baru disetujui oleh Kementerian Keuangan. Sudah disepakati pula amandemen Badan Pembangunan Jalan Tol berupa penjaminan oleh PT Penjaminan Infrastruktur senilai Rp 7,9 triliun untuk 17 ruas tol Sumatera dan Jawa. Lalu, penjaminan selanjutnya sebesar Rp 13,2 triliun untuk 21 ruas tol.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...