Pemerintah Biayai 9 Proyek Infrastruktur Rp 33 T dari Utang Cina

Desy Setyowati
9 Mei 2016, 18:38
Reklamasi
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah berencana mendapatkan pinjaman dari Cina untuk membiayai pembangunan sembilan proyek infrastruktur. Nilainya sebesar US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 33 triliun. Jumlah tersebut mencapai seperempat dari total pinjaman US$ 10 miliar yang ditawarkan Cina kepada negara-negara ASEAN.

"Nilai proyeknya sekitar US$ 2,5 miliar. Itu ada rel kereta api, jalan tol, dan dam (bendungan)," ujar Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur Wilayah Kementerian Koordinator Perekonomian Wahyu Utomo seusai menghadiri acara “The 2nd Meeting of High Level Economic Dialogue RI-RRC” di Jakarta, Senin (9/5).

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Rizal Affandi Lukman menambahkan, nilai pembiayaannya masih dapat berubah sesuai dengan perkembangan proyek. Infrastruktur yang dimaksud yakni pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan sesi I, konstruksi terowongan Balinka-Matur-Ngarai Sianok di Sumatera Barat, dan pembangunan serta rehabilitasi sejumlah jembatan.

(Baca: Kadin Minta Swasta Dilibatkan Garap Proyek Infrastruktur Strategis)

Selain itu, pembangunan beberapa bendungan di Pelosika, Jambo Aye, Rokan Hilir, Jenelata, dan Bonehulu. "Nanti akan ada pembicaraan lebih lanjut antara tim teknis untuk menindaklanjuti respons partisipasi dari pihak yang ingin membiayai maupun kontraktor dari Cina," ujar Rizal.

Ia menambahkan, delegasi Cina yang hadir dalam acara itu menyambut baik tawaran proyek prioritas dari Indonesia. Pemerintah Indonesia pun telah menyiapkan “buku biru” alias blue book yang berisi daftar rincian proyek infrastruktur. Misalnya pembangunan rel kereta api ataupun jalur tol di pantai utara Jawa (Pantura) dari Kementrian Perhubungan.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...