ICIJ Keluarkan Bank Data Ribuan Perusahaan Cangkang di Tax Haven

Maria Yuniar Ardhiati
10 Mei 2016, 10:55
Panama Papers
KATADATA

Konsorsium jurnalis investigasi internasional atau International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) menerbitkan bank data yang berisi sekitar 214 ribu perusahaan di luar negeri (offshore) yang didirikan di 21 yurisdiksi negara suaka pajak atau tax haven. Semuanya tersebar dari Nevada hingga Hong Kong. Bank data ICIJ juga menunjukkan informasi lebih dari 100 ribu entitas offshore lainnya yang masuk dalam investigasi Offshore Leaks di tahun 2013.

Bank data yang dirilis hari ini, Selasa, 10 Mei 2016 , memungkinkan penggunanya memperoleh informasi mengenai jaringan perusahaan offshore yang dipakai –terkadang disalahgunakan– oleh Mossack Fonseca dan perantara lainnya. Dokumen ini memiliki rentang waktu hampir empat dekade, mulai 1977 hingga akhir 2015. (Baca: Pengakuan Pembocor Sumber Panama Papers).

Data yang juga mencakup kode pos ini menunjukkan benang merah ke lebih dari 200 negara, mulai dari Cina hingga Cile. Pengguna bisa menyaring informasi dengan kategori negara maupun yurisdiksi offshore. Selain itu, bisa pula menggali data tentang peran bank, firma hukum dan gatekeeper lain dalam sistem finansial yang mendukung pendirian perusahaan offshore untuk orang-orang kaya dunia. Untuk pertama kali, pengguna bisa melihat detil yayasan-yayasan swasta di Panama, termasuk para pengendalinya.

Sebelumnya tidak pernah ada aplikasi interaktif yang menyajikan begitu banyak detail seperti ini, termasuk setiap pemilik perusahaan dalam Panama Papers. Hal tersebut karena selama ini informasi kepemilikan perusahaan terkubur dalam email, surat, serta memo internal karyawan Mossack Fonseca yang sulit diperoleh.

Data bagian dari investigasi Panama Papers, kumpulan lebih dari 11,5 juta dokumen yang bocor dari firma hukum Mossack Fonseca, tersebut menjadi informasi terbesar mengenai perusahaan cangkang (shell company) yang dibuka kepada masyarakat. Mossack Fonseca telah menciptakan banyak perusahaan, perserikatan, dan yayasan yang sulit dilacak. Kelak, publik bisa melihat nama-nama dari pemilik asli perusahaan yang masih abu-abu ini. (Baca: Mengenal Tax Havens, Membedah Panama Papers).

Namun, ICIJ tidak mempublikasikan semua dokumen yang bocor itu maupun dokumen asli atau informasi perseorangan, rekening bank, korespondensi melalui email dan transaksi keuangan. Bank data tersebut berisi informasi mengenai pemilik perusahaan, pemegang kuasanya, serta para perantara dalam yurisdiksi tak terlihat.

Secara keseluruhan, aplikasi bank data yang bisa digunakan interaktif ini memuat lebih dari 360 ribu nama serta perusahaan di balik struktur offshore. Karena data tersebut belum disusun dengan standar yang sistematik, akan ada sejumlah duplikasi nama.

Para pengamat media dan pemimpin politik menyebut Panama Papers telah memperlihatkan kesenjangan akibat sistem offshore. “Saat penghindaran pajak dilakukan dan aset negara dilarikan ke suaka pajak, semuanya akan berdampak buruk terhadap misi kita untuk menghilangkan kemiskinan dan mendorong kesejahteraan,” kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam pembukaan pertemuan antara Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) di Washington, seperti dilansir ICIJ, Selasa, 10 Meri 2016.

Pertemuan itu digelar sesaat setelah ICIJ dan lebih dari seratus organisasi media mengulas investigasi Panama Papers. “Transparansi tidak akan berjalan mundur,” kata Kim. Ia memperingatkan orang-orang yang melakukan penghindaran pajak saat ini tinggal menunggu waktu, karena identitas mereka segera terkuak. Ia yakin di dunia akan ada lebih banyak keterbukaan informasi.

Panama Papers telah menimbulkan perdebatan mengenai pentingnya transparansi informasi atas perusahaan yang bisa diakses publik. Inggris sudah membuka informasi tersebut kepada masyarakat. Namun teritorial Britania lainnya seperti British Virgin Islands dan Cayman Islands, dua dari sekian banyak wilayah suaka pajak tersibuk, hanya bersedia membuka informasi jika ada permintaan dari aparat hukum.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...