Pertamina Incar 13 Blok Migas yang Kontraknya Akan Berakhir

Anggita Rezki Amelia
12 Mei 2016, 12:19
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) tengah mengincar 13 blok minyak dan gas (migas) yang saat ini masih dikelola perusahaan lain. Blok migas tersebut adalah yang kontraknya akan berakhir dalam empat tahun ke depan.

“Hingga 2020 ada 13 blok yang sudah dipetakan dan sedang dalam proses evaluasi Pertamina,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Rabu (11/5)

Dia mengatakan blok migas yang diincar harus memiliki kandungan minyak atau gas yang besar. Hal ini untuk mendukung impian Pertamina untuk bisa menyumbang produksi migas nasional lebih besar kedepannya. (Baca: Perpanjang Dua Kontrak Blok Migas, Pertamina Siapkan Rp 3,3 Triliun)

Saat ini produksi migas Pertamina baru berkontribusi 26 persen dari total produksi nasional. Sebagai perusahaan minyak negara (NOC) peran Pertamina masih rendah dibandingkan kontribusi NOC lain di negaranya.

Daftar Blok Migas yang Kontraknya Akan Habis
              Sumber: Kementerian ESDM

NOC negara tetangga Malaysia, bahkan mampu memberikan konstribusi produksi migas untuk negaranya mencapai 70 persen. Pertamina menargetkan dengan mengincar 13 blok migas tersebut, kontribusinya terhadap produksi nasional bias meningkat menjadi 50 persen.

Wianda belum mau menyebutkan blok mana saja yang sedang dilirik Pertamina. Dia hanya mengatakan dari 13 blok migas tersebut sudah ada dua yang mendapat respons positif dari pemerintah. Yakni Blok East Kalimantan dan Blok Sanga-Sanga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...