Jasa Penunjang Migas Lesu Akibat Harga Minyak Rendah

Anggita Rezki Amelia
17 Mei 2016, 12:05
Rig
Katadata

Tren rendahnya harga minyak dunia saat ini telah ikut memukul kinerja industri penunjang migas. Salah satu perusahaan yang terkena dampaknya adalah PT Apexindo Pratama Duta Tbk. yang mengaku kesulitan mendapatkan proyek saat ini.

General Marketing Apexindo Irawan Sigit mengatakkan rendahnya harga minyak membuat industri migas dianggap kurang ekonomis. Akhirnya banyak pelaku usaha migas mengurangi kegiatan operasionalnya. (Baca: IPA: Industri Migas Indonesia Masuk Tahap Kritis)

Advertisement

Hal ini berdampak pada rendahnya potensi proyek yang bisa digarap oleh industri jasa penunjang migas. Akibatnya pendapatan industri ini pun menurun. Namun, Irawan mengaku belum mengetahui secara persis berapa besar penurunannya.

Dia hanya menyebutkan bahwa berkurangnya proyek migas telah membuat peralatan untuk kegiatan operasional migas banyak yang menganggur. Saat ini peralatan penunjang industri migas yang dimiliki Apexindo, hanya 30-40 saja yang digunakan.  

"Padahal umumnya jumlah peralatan yang bisa bekerja 80-90 persen," ujarnya dalam Rapat Kerja Nasional (rakernas) Indonesia National Shipowners Association (INSA) di Jakarta, Senin (16/5). (Baca: Jonan Tolak Usulan Soal Izin Kapal Migas Berbendera Asing)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement