Bisnis Ponsel Lagi, Nokia Akan Luncurkan Smartphone Android

Maria Yuniar Ardhiati
19 Mei 2016, 12:12
Ponsel
Donang Wahyu|KATADATA

Nokia berencana meluncurkan ponsel pintar (smartphone) berbasiskan sistem operasi Android. Langkah ini cukup mengejutkan lantaran dua tahun lalu Nokia telah memutuskan meninggalkan pasar ponsel dengan menjual unit bisnis ponselnya kepada Microsoft. Penyebabnya, perusahaan asal Finlandia ini kalah bersaing dengan raksasa produsen ponsel yaitu Apple dan Samsung. 

Kini, Nokia akan menyerahkan lisensi merek dagangnya kepada HMD Global Oy, perusahaan yang dikelola oleh para mantan manajer Nokia dan berkantor pusar di Helsinki, Finlandia.

HMD dibiayai oleh perusahaan pengelola dana investasi Smart Connect LP. Perusahaan ini dijalankan oleh mantan manajer Nokia, Arto Nummela, yang juga mengepalai bisnis ponsel Microsoft saat ini untuk kawasan Asia, Timur Tengah dan Afrika. Sementara itu, bekas petinggi Nokia yang juga menjadi manajer di Microsoft akan menjadi Presiden Direktur HMD.

Selanjutnya, HMD akan meluncurkan ponsel pintar Android dengan merek dagang Nokia. Selain itu, mereka berniat merilis produk lain seperti tablet dan ponsel konvensional (feature phone) dengan teknologi yang masih terbatas.

FIH Mobile Ltd., anak usaha Foxconn Technology Group, akan mendukung pembangunan piranti yang diperlukan. Sementara itu, Presiden Nokia untuk bisnis lisensi kekayaan intelektual, Ramzi Haidamus, menyatakan HMD akan turut merancang, membuat serta menjual produk anyar tersebut. Demi mendanai hajatan tersebut, HMD Global akan mengucurkan investasi sebesar US$ 500 juta.

(Lihat: Pengguna Smartphone Terbanyak di Asia-Pasifik 2016)

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...