Empat Perusahaan Besar Rusia Sampaikan Minat Investasi ke Jokowi

Safrezi Fitra
19 Mei 2016, 21:07
Jokowi
Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Joko Widodo Bertemu dengan pimpinan dari empat perusahaan besar Rusia di Hotel Radisson Blu, Sochi, Rusia, Kamis (19/5)

Empat perusahaan Rusia memanfaatkan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke negaranya untuk bertemu langsung dan menyampaikan rencananya berinvestasi di Indonesia. Mereka adalah Rusian Railways, dan tiga perusahaan pertambangan, yakni Blackspace Group, RUSAL, dan Vi Holding Group.

Pertemuan Jokowi dengan empat perusahaan besar Rusia ini berlangsung pada hari kedua kunjungannya ke negara tersebut, Kamis (19/5). Dalam pertemuan bisnis tersebut, Jokowi didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Advertisement

Dalam keterangan resmi yang diperoleh Katadata, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa Jokowi menyambut baik rencana investasi empat perusahaan tersebut. Namun, presiden juga meminta empat hal yang harus diperhatikan dan dipatuhi jika ingin menanamkan modalnya di Indonesia.

"Masalah penghormatan semua peraturan. Proses hilirisasi juga ditekankan presiden. Lalu melibatkan rakyat dan mendatangkan manfaat bagi rakyat, serta kepatuhan pada masalah lingkungan," kata Retno yang juga ikut mendampingi Jokowi dalam pertemuan ini. (Baca: Rosneft Calon Kuat Investor Kilang Tuban)

Pertemuan bisnis pertama dilaksanakan pada pukul 10.00 waktu setempat dengan CEO Russian Railways, Oleg Belozerof. Perusahaan ini ingin bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun infrastruktur rel kereta api kargo untuk mengangkut batu bara di Kalimantan.

Sebelumnya, perusahaan ini telah melakukan studi terkait dengan rencana investasinya. Dari hasil studi ini, Russian Railways melihat ada potensi kereta juga dapat dijadikan sebagai kereta umum untuk penumpang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement