Pertamina Dapat Dua Blok Migas Rusia

Miftah Ardhian
27 Mei 2016, 17:33
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) resmi menandatangani Kesepakatan kerangka kerja sama atau framework agreement di sektor migas dengan Rosneft Oil Company. Dalam kesepakatan ini, Rosneft mendapat kesempatan membangun Kilang Tuban, sedangkan Pertamina juga bisa mengelola blok migas di Rusia.

Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto mengatakan Pertamina sedang mengkaji kemungkinan mengakuisisi paling sedikit dua blok migas di Rusia. Keduanya merupakan blok migas yang dimiliki oleh Rosneft. (Baca: Kontrak Kilang Tuban Diteken, Pertamina: 6 Alasan Pilih Rosneft)

Advertisement

“Dalam agreement memang sudah ditetapkan dalam 8 bulan ini paling tidak untuk dua blok yang  ekslusif untuk kami ambil masing-masing 15 persen,” ujar Dwi saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis malam (26/5).

Meski hanya mendapat dua blok migas, Pertamina menginginkan untuk bisa menggarap lebih banyak lagi. Targetnya adalah mendapat tambahan produksi minyak sebesar 35 ribu barel per hari (bph) dan cadangan minyak sebesar 200 juta barel.

Pertamina juga menargetkan dalam Sembilan tahun ke depan produksi minyak yang dihasilkan dari ladang migas di luar negeri meningkat lebih dari lima kali lipat menjadi 600 ribu bph. Saat ini produksi Pertamina dari ladang minyak di tiga negara hanya 85 ribu bph. (Baca: Empat Perusahaan Besar Rusia Sampaikan Minat Investasi ke Jokowi)

Kerjasama di hulu Rusia ini sangat penting bagi pasokan energi di Indonesia kedepannya. Dwi berharap adanya kesepakatan ini bisa menyelesaikan masalah defisit minyak mentah yang selama ini terjadi di dalam negeri. Tambahan blok migas baru di luar negeri, akan menambah kekuatan energi Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement