Lelang Jabatan, Kementerian ESDM Akan Rotasi Direktur Hulu Migas

Arnold Sirait
30 Mei 2016, 18:14
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan merotasi dan mengganti sejumlah pejabat eselon dua. Salah satunya adalah posisi Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto. Padahal, baru dilantik Menteri ESDM Sudirman Said dan menduduki posisi tersebut pada Mei tahun lalu.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Gas Bumi pada Badan Pengatur Kegiatan Hilir Migas (BPH Migas). Dia juga pernah menjabat sebagai anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Sujatmiko mengatakan, selain Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas, ada juga posisi lain yang dilelang di lingkungan Kementerian ESDM. Yaitu Kepala Biro organisasi dan Tata Laksana, Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, serta Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi.

“Rotasi, mutasi dan promosi jabatan di pemerintahan adalah dalam rangka penyegaran,” kata dia kepada Katadata, Senin (30/5).

Pengumuman dan pendaftaran calon pengissi posisi-posisi tersebut sudah dimulai sejak 20 Mei hingga 26 Mei lalu. Sedangkan penyerahan berkas juga sudah berjalan dari 20 Mei hingga 27 Mei lalu. Kementerian ESDM akan mengumumkan hasil seleksi administrasi tersebut pada Selasa (31/5) besok.

(Baca: Kementerian Energi: Proposal IDD Chevron Tak Masuk Akal)

Sehari berselang, para peserta yang lolos seleksi adminstrasi akan menjalani tes penulisan makalah. Setelah itu akan dilakukan wawancara rekam jejak mulai 3 Juni hingga 7 Juni mendatang. Peserta yang dianggap layak dan memenuhi syarat untuk menempati posisi tersebut akan diumumkan pada 9 Juni nanti.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...