Pertamina Bidik Dua Blok Migas di Iran

Arnold Sirait
31 Mei 2016, 18:33
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan investasinya di sektor hulu minyak dan gas bumi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Perusahaan energi milik negara (BUMN) ini tengah membidik dua blok migas di Iran. Kebetulan, proses lelang dua blok migas di negara kawasan Timur Tengah itu akan digelar dalam waktu dekat ini. 

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Pertamina dan National Iranian Oil Company bersepakat membahas lebih lanjut pembelian minyak mentah dan akses investasi Pertamina di sektor hulu migas Iran. "Indonesia melalui Pertamina, diharapkan dapat memperoleh prioritas untuk berpartisipasi dalam operasi ladang migas di Iran,” katanya seperti dikutip dari siaran pers Kementerian ESDM, Selasa (31/5).

Rencana itu merupakan salah satu dari tujuh kerjasama migas antara pemerintah Indonesia dengan Iran. Kerjasama itu meliputi sektor hulu migas di Iran, perdagangan produk migas, proyek gas, pengolahan minyak, petrokimia, hingga industri penunjang migas. Selain itu, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang migas.

Kesepakatan kerjasama ini merupakah hasil kunjungan kerja Sudirman ke Teheran, Iran, Senin (30/5). Dalam kunjungan itu, dia bertemu dengan Menteri Perminyakan Iran, Bejan N. Zanganeh, perwakilan NIOC dan National Iranian Oil Refining and Distribution Company (NIORDC). Sedangkan Sudirman didampingi Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin, pejabat Kementerian ESDM, Kementerian Luar Negeri, dan manajemen PT Pertamina (Persero).  

(Baca: Iran Tawarkan 29 Blok Minyak ke Indonesia)

Menteri Zanganeh menyatakan, pemerintah Iran membuka peluang kerjasama dengan Indonesia. Kerjasama itu bisa bersifat jangka pendek dalam bentuk jasa dan perdagangan, ataupun jangka menengah dan panjang. "Selama ini hubungan Indonesia-Iran amat tulus dan bersahabat. Kami tunggu kedatangan Pertamina segera ke Iran untuk bekerja sama dengan NIOC,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...