Tinggal 15 Persen Jalan Trans Papua yang Belum Tersambung

Ameidyo Daud Nasution
2 Juni 2016, 11:53
Tol Cipularang Jawa Barat.
Ahmad Yunus|KATADATA
Kendaraan melintas di ruas tol Cipularang Jawa Barat.

Pembangunan proyek jalan Trans Papua menunjukkan perkembangan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan hingga saat ini jalan Trans Papua yang sudah tersambung mencapai 85 persen.

Dari total panjang jalan Trans Papua 4.325 kilometer (KM), yang tersambung saat ini sudah mencapai 3.667 KM. Selama tahun 2015 Kementerian PUPR berhasil membuka jalur baru sepanjang 169 KM, sehingga tahun ini masih tersisa 658 KM lagi yang belum tersambung. (Baca: Pembangunan Kereta Papua Bisa Dimulai Bulan September)

Advertisement

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Danis Sumadilaga mengatakan untuk saat ini perkembangan jalur trans Papua yang belum tersambung tinggal 650 KM. "Jadi nanti jalan itu bisa tembus hingga Pegunungan Mulia," kata Danis kepada Katadata akhir pekan lalu.

Untuk menyelesaikan proyek ini pemerintah masih membutuhkan anggaran sebesar Rp 6,5 triliun. Asumsinya, butuh Rp 10 miliar untuk menyambung setiap 1 KM jalan. Kebutuhan anggaran ini digunakan hingga proyek tersebut selesai pada 2018.

trans papua
trans papua (Kementerian PUPR)

Jika mengacu asumsi Danis, seharusnya proyek Trans Papua bisa hampir selesai tahun ini. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 6 triliun untuk Trans Papua. (Baca: Pemerintah Siapkan Jembatan Udara untuk Papua)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement