Jelang Lebaran, Pertamina Stok Premium 1,3 Juta Kiloliter

Anggita Rezki Amelia
3 Juni 2016, 20:20
BBM Subsidi
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) akan menyiapkan kantong Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalur rawan kemacetan total. Kantong berupa mobil tangki berisi BBM ini untuk mengantisipasi adanya konsumsi BBM menjelang Hari Raya Idul Fitri awal Juli nanti.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, kantong BBM ini akan diletakkan di beberapa lokasi di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kantong ini berfungsi sebagai cadangan untuk menyalurkan BBM saat Lebaran. Sebab, konsumsi BBM saat arus mudik dan balik momen Lebaran akan lebih tinggi dibandingkan hari biasa.  

Berdasarkan estimasi Pertamina, pemakaian Premium selama 15 hari sebelum dan 15 hari setelah Lebaran mencapai 82.496 kiloliter. Padahal, rata-rata konsumsi Premium secara harian pada kondisi normal tahun ini hanya  71.906 kiloliter. (Baca: Revisi APBN 2016, Subsidi Solar Dipotong Jadi Rp 350 per Liter)

Angka tersebut juga lebih tinggi dibandingkan Lebaran tahun lalu. Kala itu, konsumsi Premium mencapai 89.817 kiloliter. Sedangkan dalam kondisi normal konsumsi hanya 76.258 kiloliter.

Tidak hanya Premium, konsumsi Pertamax juga naik 17 persen menjadi sekitar 12 ribu kiloliter. Sedangkan Pertalite melonjak menjadi 10.200 kiloliter per hari, dari rata-rata harian normal sebesar 7.150 kiloliter. Sementara konsumsi Avtur meningkat lima persen menjadi 13.495 kiloliter.

Namun, konsumsi Solar bersubsidi  justru diperkirakan turun dari rata-rata harian normal sebesar 35.173 kiloliter menjadi 31.118 kiloliter. Penurunan ini menurut Wianda, karena industri banyak yang tidak beroperasi di hari libur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...