Kontraktor Migas Minta Pemerintah Kontrol Harga Kapal FPSO Lokal

Anggita Rezki Amelia
4 Juni 2016, 14:00
Migas
Katadata | Dok.

Kontraktor minyak dan gas bumi (migas) meminta pemerintah menjaga harga dan kualitas fasilitas produksi dan penyimpanan terapung atau Floating Production Storage and Offloading (FPSO) lokal. Ini terkait adanya kewajiban kontraktor harus menggunakan FPSO buatan dalam negeri.

FPSO merupakan fasiltas terapung untuk mengolah atau memisahkan minyak mentah, gas dan air dari sumur produksi. “Jangan lupa, FPSO itu milik negara menurut kesepakatan kontrak bagi hasil (PSC). Apabila kualitas di bawah standar, negara juga akhirnya yang dirugikan,” kata Presiden Direktur PT Energi Pasir Hitam Indonesia (Ephindo) Sammy Hamzah kepada Katadata, Jumat (3/6). (Baca: Kontraktor Migas Khawatir Kewajiban FPSO Lokal Memicu Monopoli)

Advertisement

Sammy mengaku akan tetap mendukung kebijakan pemerintah mewajibkan kontraktor menggunakan FPSO local. Hanya saja, dia mengungkapkan ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. Jika pemerintah mewajibkan kontraktor untuk membuat kapal FPSO di dalam negeri, maka kualitas dan kompetensi harus bisa memenuhi standar industri.

Selain itu, harga yang ditawarkan oleh industri dalam negeri juga harus bisa bersaing dengan kapal FPSO yang dibuat di luar negeri. Jika lebih mahal, bisa merugikan negara. Karena biaya pembuatan kapal FPSO akan diganti pemerintah melalui skema penggantian biaya operasi migas atau cost recovery. Kalau pemerintah gagal mengontrol harga, biaya penggantian dari pemerintah akan membengkak.

Sammy mengaku pihaknya belum mendengar rencana pemerintah tersebut. Dia pun tidak mengetahui apakah asosiasi industri migas atau Indonesia Petroleum Association (IPA) yang dia ikuti, sudah diminta memberi masukan oleh pemerintah terkait kebijakan ini. (Baca: Kontraktor Migas Akan Wajib Gunakan Kapal FPSO Buatan Lokal)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement