Dana Pemotongan Subsidi Solar Akan Dialihkan ke Tiga Program Baru

Anggita Rezki Amelia
7 Juni 2016, 11:26
BBM solar AK
Arief Kamaludin|KATADATA
Petugas pengisian bahan bakar melayani pembeli di sebuah SPBU di Jakarta.

Pemerintah berencana memangkas subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar. Dana pemotongan tersebut akan dialihkan ke beberapa program baru di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Energi Sujatmiko mengatakan pemotongan dana subsidi Solar akan digeser untuk program baru kementeriannya seperti Dana Ketahanan Energi (DKE), Program Indonesia Terang (PIT), dan cadangan strategis atau Strategic Petroleum Reserves (SPR). “Subsidinya akan direalokasi ke program yang lebih tepat sasaran,” kata Sujatmiko saat ditemui Katadata, kemarin di kantornya. 

Advertisement

Kementerian Energi sudah menganggarkan sekitar Rp 800 miliar untuk Dana Ketahanan Energi dalam revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP). Untuk cadangan strategis juga dianggarkan Rp 800 miliar dan Program Indonesia Terang membutuhkan dana Rp 77 miliar. (Baca: Pemerintah Alokasikan Dana Energi Rp 800 Miliar dalam APBN-P 2016).

Pembentukan Dana Ketahanan Energi dianggap penting sebagai ketahanan energi nasional. Salah satu penggunaan dana ini adalah untuk pengembangan energi baru terbarukan seperti panas bumi, surya, angin, air, bioenergi, serta arus laut dalam. Pemerintah berharap pengembangan energi ini bisa mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap energi fosil. 

Dana untuk cadangan strategis juga penting untuk ketahanan energi dalam negeri. Sampai saat ini, Indonesia belum mempunyai cadangan penyangga BBM nasional. Padahal sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014, cadangan strategis diatur dan dialokasikan oleh pemerintah untuk menjamin ketahanan energi jangka panjang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement