Permasalahan Selesai, LRT Jakarta Dibangun Bulan Ini

Safrezi Fitra
8 Juni 2016, 17:44
Jokowi
Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar rapat terbatas untuk membahas masalah proyek kereta listrik ringan (Light Rail Transit/LRT). Dia menegaskan bahwa ini adalah rapat terakhir untuk menyelesaikan masalah proyek kereta ini yakni LRT Jakarta, Bogor, Bekasi; DKI Jakarta; Palembang; dan Bandung. (Baca: Proyek Kereta Ringan LRT Jabodetabek Terganjal Masalah Lahan)

“Ini rapat keenam. Bolak balik rapat seperti ini enggak bener. Tapi karena masih ada hal yang harus diputuskan, oke yang ini rapat terakhir,” kata Jokowi saat memulai rapat tersebut di kantornya, Jakarta, Rabu (7/6).

Advertisement

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan rapat terkahir ini mampu menyelesaikan semua perbedaan yang ada antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Badan Usaha Milik negara yang ditunjuk untuk proyek ini. Dalam rapat tersebut disepakati perjanjian untuk masalah trase yang menjadi lintas provinsi dan lintas DKI Jakarta.

“Berkaitan dengan revisi Peraturan Presiden (Perpres), termasuk untuk Palembang, minggu-minggu ini bisa diselesaikan,” kata Pramono. Revisi aturan yang dimaksud adalah Perpres 98, 99 dan 116 tahun 2015, terkait percepatan penyelenggaraan Perkeretaapian di Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Palembang.

Permasalahan pendanaan, dari sisi penggunaan, harga tiket dan sebagainya, juga telah diatur antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah DKI Jakarta. Selanjutnya ukuran rel diputuskan menggunakan rel standar, sehingga tidak banyak perlintasan. (Baca: Menteri Jonan Sepakat Rencana Ahok, Kereta LRT Pakai Rel Standar)

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, proyek LRT di DKI Jakarta akan dibangun oleh pemda setempat. Sedangkan LRT yang lintas provinsi akan dibangun dengan anggaran negara. Untuk LRT Bandung Raya, akan dibangun oleh swasta.

Jika harga keekonomian dan tiketnya dipandang terlalu tinggi, pemerintah akan memberikan subsidi bagi LRT yang dibangun di luar DKI Jakarta. Sementara untuk LRT di Jakarta, subsidinya akan ditanggung oleh pemda DKI Jakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement